Pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi / Rio Yudha Sunarto Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi / Rio Yudha Sunarto Putra

Putra, Rio Yudha Sunarto (2018) Pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi / Rio Yudha Sunarto Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Rio Yudha Sunarto. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Presepsi Siswa tentang Kompetensi Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Kata kunci Kemandirian Belajar Presepsi Siswa tentang Kompetensi Profesionalisme guru dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi (2) Pengaruh Presepsi Siswa tentang Kompetensi Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Explanation Research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar sebanyak 111 siswa dan sampelnya sebanyak 77 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa (sig sebesar 0 042 t_hitung 2 066 lebih besar dari t_tabel 1 665) (2) Presepsi siswa tentang kompetensi profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa (sig sebesar 0 046 t_hitung 2 026 lebih besar dari t_tabel 1 665). Saran yang disampaikan penulis adalah (1) Siswa diharapkan memiliki inisiatif untuk mempelajari materi-materi Akuntansi (2) Pihak orang tua diharapkan dapat memperhatikan kegiatan belajar anaknya baik di rumah dan di luar rumah (3)Bagi guru diharapkan selalu menjalankan dan menerapkan kompetensi keguruannya pada setiap pelaksanaan pembelajaran (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa karena masih banyak faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. ABSTRACT Putra Rio Yudha Sunarto. 2017. The Effect of Learning Independence and Student Perception about Teacher Professionalism Competence to the Student Learning Outcome of Accounting Subject. Sarjana s Thesis Study Program of Accounting Education Department of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Supervisor Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Keywords Learning Independence Student Perception about Teacher Professionalism Competence Learning Outcome This research aims to know (1) The effect of learning independence to the student learning outcome of accounting subject and (2) the effect of student perception about teacher professionalism competence to the student learning outcome of accounting subject. This research used quantitative research method with explanation research design. The research population was all students in 10th Grade of Accounting SMK Negeri (Public Vocational High School) for 111 students and the research sample was 77 students. Data collection technique in this research used questionnaire and documentation. The research result concluded that (1) Learning independence affected positively to the student learning outcome (sig value of 0.042 tstatistics 2.066 larger than ttable 1.665) (2) Student perception about teacher professionalism competence affected positively to the student learning outcome (sig value of 0.042 tstatistics 2.026 larger than ttable 1.665). Suggestions given by the researcher as follow (1) Students expected to have initiative to learn about Accounting materials (2) Parents expected to pay attention on their children learning activity both in home and out of home (3) For teachers expected to always conduct and implement teachership competence in every learning implementation and (4) For the next researchers expected to add other variables affect student learning outcome due to there are still many other factors related to the student learning outcome.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35133

Actions (login required)

View Item View Item