Pengembangan e-book akuntansi berbasis mobile learning pada materi pokok laporan laba rugi untuk SMK / Bram Ikario Azwar

Azwar, Bram Ikario (2018) Pengembangan e-book akuntansi berbasis mobile learning pada materi pokok laporan laba rugi untuk SMK / Bram Ikario Azwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azwar, Bram Ikario. 2017. Pengembangan Ebook Akuntansi Berbasis Mobile Learning pada Materi Pokok Laporan Laba Rugi untuk SMK. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd., M.SA. Kata Kunci: ebook, mobile learning, laporan laba rugi Fasilitas serta sarana dan prasarana di SMK Negeri 2 Blitar sudah memadai. Sebagian siswa akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar juga sudah memiliki smartphone android. Namun, tidak semua guru memanfaatkan fasilitas tersebut pada pembelajaran akuntansi. Guru yang sudah menggunakan media pembelajaran, masih menggunakan media Powerpoint dengan tampilan yang masih sangat sederhana, yaitu berupa teks dan hanya disisipkan dengan beberapa gambar saja, sehingga siswa sering merasa bosan dengan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut penulis termotivasi untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning yang dapat dioperasikan pada smartphone untuk mata pelajaran Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Tahapannya ada 7 tahap yaitu: 1) Analisis Kebutuhan, 2) Pegembangan Produk, 3) Validasi Ahli, 4) Revisi I, 5) Uji Coba Lapangan, 6) Revisi II, 7) Produk Akhir. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi yaitu guru akuntansi SMK Negeri 2 Blitar, dan uji coba terbatas ke siswa akuntansi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis mobile learning sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 70 dengan persentase 87,5%, sehingga termasuk kategori ÔÇ£Sangat LayakÔÇØ, 2) Ahli media diperoleh total skor 75 dengan persentase 93,75%, sehingga termasuk kategori ÔÇ£Sangat LayakÔÇØ, dan 3) Praktisi pembelajaran akuntansi total skor 72 dengan persentase 90%, sehingga termasuk kategori ÔÇ£Sangat LayakÔÇØ. Penilaian uji pengguna terbatas kepada 30 peserta didik mendapat total nilai 2097 dengan persentase 87,37% sehingga termasuk kategori ÔÇ£Sangat LayakÔÇØ. Dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis mobile learning ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi akuntansi perusahaan jasa. Media pembelajaran berbasis mobile learning ini bisa digunakan sebagai penunjang bagi peserta didik dalam mempelajari akuntansi perusahaan jasa. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar media pembelajaran cakupan materinya ditambah agar lebih lengkap dan versi media pembelajaran perlu diupgrade ke versi berbayar agar penggunaan dapat maksimal, serta produk perlu dikembangkan ke berbagai operasi pada smarthphone selain android agar semua pengguna smartphone bisa menggunakan media pembelajaran. ABSTRACT Azwar, Bram Ikario. 2017. Development of Accounting Ebook Based on Mobile Learning at Income Statement Subject for Vocational High School.SarjanaÔÇÖs Thesis. Department of Accounting, Faculty of Economics, State University of Malang. Advisor: Sulastri, S.Pd., M.SA. Keyword:ebook, mobile learning, income statement Bothfacilities and infrastructures in SMK Negeri 2 Blitar have been provided. Some of accounting students in SMK Negeri 2 Blitar also have owned smartphone android. However, not all of teachers use those facilities in accounting learning process. The media which teachers have already used as learning media is Powerpoint with very simple performance, namely just include text and little pictures, so students often feel bored with the learning media. Based on the problem, author has motivated to develop learning media based on mobile learning that available operated in smartphone for accounting subject. This research is a research and development (R&D) which adapted from Borg & Gall Model. There are seven steps, namely: 1) Need Assessment, 2) Product Development, 3) Expert Validation, 4) Revision I, 5) Field Trial, 6) Revision II,7) Final Product. Product validation is done by material expert, media expert, accounting learning practitioner. They are accounting teachers of SMK Negeri 2 Blitar. On the other hand, field trial is held to accounting students. Media which developed is tried out to 30 X Grade Accounting Students in SMK Negeri 2 Blitar. Result of research indicates that validation rate of mobile learning as learning media are following: 1) Score which obtained from material expert is 70 or 87,5%, so itÔÇÖs categorized as ÔÇ£Strongly ValidÔÇØ, 2) Score which obtained from media expert is 75 or 93,75%, so itÔÇÖs categorized as ÔÇ£Strongly ValidÔÇØ, 3) Score which obtained from accounting learning practitioner is 72 or 90,%, so itÔÇÖs categorized as ÔÇ£Strongly ValidÔÇØ. Validation by 30 students are obtained scores 2097 or 87,37%, so itÔÇÖs categorized as ÔÇ£Strongly ValidÔÇØ. So, based on the result of this research can be concluded that mobile learning valid to be used as learning media for service company accounting subject. Learning media based on mobile learning can be used as reference to learn service company accounting. Suggestions for future researchers are regarded to add content of subject in order more complete and also version of learning media necessary to be upgraded to costly version in order to achieve maximizing usage. The last one, the product is necessary developed to various operation other than android, in order that all of smartphone users can use the learning media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35132

Actions (login required)

View Item View Item