Manajeman lingkungan sekolah pemenang UKS dan Adiwiyata Nasional (Studi kasus di SDN Tunjungsekar 1 Malang) / Lutfia Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajeman lingkungan sekolah pemenang UKS dan Adiwiyata Nasional (Studi kasus di SDN Tunjungsekar 1 Malang) / Lutfia Ningtyas

Ningtyas, Lutfia (2013) Manajeman lingkungan sekolah pemenang UKS dan Adiwiyata Nasional (Studi kasus di SDN Tunjungsekar 1 Malang) / Lutfia Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen lingkungan sekolah pemenang UKS adiwiyata Lingkungan yang bersih mempunyai dampak positif tidak hanya untuk siswa yang sedang belajar namun para pendidik dan seluruh komponen sekolah. Pemerintah menetapkan program lingkungan antara lain UKS dan Adiwiyata untuk menciptakan sekolah bersih dan sehat. Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar di Indonesia. Program ini menerapkan prinsip dasar yaitu partisipatif dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran serta berkelanjutan dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif. Peneliti melakukan penelitian di SDN Tunjungsekar 1 Malang karena sekolah memiliki berbagai penghargaan dalam bidang UKS maupun Adiwiyata. Fokus pada penelitian diantaranya tentang (1) kebijakan manajemen lingkungan sekolah yang diterapkan di SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang (2) perencanaan program adiwiyata dan UKS yang diterapkan di SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang (3) proses perawatan dan pemeliharaan lingkungan sekolah yang diterapkan di SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang (4) evaluasi program adiwiyata dan UKS yang diterapkan di SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang lebih menekankan segi proses dari pada hasil. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus hal ini dikarenakan peneliti memiliki tujuan untuk mempertahankan keutuhan dari objek yang diteliti. Dalam pendekatan kualitatif peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah guru adiwiyata dan guru UKS. Penelitian ini mengambil objek di SDN Tunjungsekar 1 Malang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata tindakan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Tahapan-tahapan yang dilakukan pada analisis data adalah reduksi data display data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan Triangulasi metode da Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan manajemen lingkungan sekolah program Adiwiyata dan UKS dicetuskan dengan latar belakang lingkungan yang ada di SDN Tunjungsekar 1 Malang sangat memadai. Dapat dilihat dari segi lahan pepohonan dan juga kondisi udara. Perencanaan kebijakan manajemen lingkungan sekolah dilakukan oleh kepala sekolah guru-guru dan staf karyawan. Dasar pengambilan keputusan kepala sekolah adalah berdasarkan kewenangan yang dimiliki. Perencanaan program Adiwiyata dan UKS yang dilakukan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang adalah pembuatan kebijakan dalam manajemen lingkungan sekolah pembentukan struktur organisasi yang menangani masalah lingkungan sekolah pembagian kelompok kerja mulai dari kebun kantin BSM (Bank Sampah Malang) kebersihan kamar mandi dan toga (tanaman obat keluarga) yang secara langsung ditunjuk oleh kepala sekolah. Perawatan dan pemeliharaan lingkungan SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang dilakukan secara berkesinambungan oleh orang-orang yang telah ditunjuk kepala sekolah dengan bagian pekerjaan masing-masing. Bentuk pembagian kerja yang diterapkan adalah bersifat fungsional menurut keahliannya atau kemampuan yang dimiliki. Kegiatan evaluasi program Adiwiyata dan UKS di SDN Tunjungsekar 1 Malang dilakukan setiap dua minggu sekali. Evaluasi ini tidak hanya untuk Adiwiyata maupun UKS tetapi seluruh kegiatan yang ada di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi (1) kepala SDN Tunjnungsekar 1 Malangdapat selalu memotivasi dan mempertahanankan pelaksanaan manajemen lingkungan sekolah di SDN Tunjungsekar 1 Malang (2) guru SDN Tunjungsekar 1 Malang diharapkan mampu menjalankan secara seimbang antara tugas mengajar dan juga tugas lain sebagai anggota tim Adiwiyata maupun UKS (3) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang diharapkan mampu menerapkan sekolah berbudaya lingkungan untuk membina lingkungan sekolah bersih dan sehat di Kota Malang (4) orang tua dan masyarakat diharapkan pendukung dari program-program manajemen lingkungan sekolah yang ada di SDN Tunjungsekar. (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan bermanfaat dalam mengoptimalkan pelaksanaan manajemen lingkungan sekolah sehingga dapat dijadikan contoh untuk dilaksanankan dalam lingkungan kampus (6) mahasiswa Administrasi Pendidikan diarahkan untuk lebih banyak berkontribusi dalam manajemen lingkungan sekolah (7) peneliti lain diharapkan mampu memanfaatkan hasil penilitian ini dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item