Prastia, Rivky Eric (2018) Memahami penerapan pendekatan saintifik pada guru akuntansi / Rivky Eric Prastia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Prastia Rivky E. 2017. Memahami Penerapan Pendekatan Saintifik pada Guru Akuntansi. Skripsi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd M.SA. Kata kunci Pemahaman pendekatan saintifik Kurikulum 2013. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMK PGRI Turen dan SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang diketahui bahwa pelaksanaan keterampilan pendekatan saintifik belum semua guru melakukanya dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebagaimana pemahaman penerapan dan kendala-kendala yang ditemui guru serta upaya mengatasinya dalam penerapan pendekatan saintifik SMK PGRI Turen dan SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang pada Jurusan Akuntansi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi kasus kualitatif dengan tinjauan dari sisi pemahaman dan pelaksanaan oleh guru dalam pelaksanaan pendekatan saintifik. Peranan peneliti dalam penelitian sebagai human instrumen dan guru sebagai informan. Teknik dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap penarikan simpulan verifikasi dan saran. Pemeriksa keabsahan temuan peneliti menggunakan teknik triangulasi. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini yaitu pendahuluan pelaksanaan analisis data dan penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memahami langkahlangkah dan penerapan tentang pembelajaran dengan menggunakan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati menanya mengumpulkan informasi/ mencoba mengasosiasi/ menalar dan mengkomunikasikan. Keterampilan tersebut tidak semua dilaksanakan siswa dalam kegiatan pembelajaran menyesuaikan dengan materi pembelajaran. Guru juga sudah memberikan motivasi dan mendampingi siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru Program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI Turen dan SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang memiliki pemahaman dalam pendekatan saintifik. Guru selalu memberikan motivasi siswa medampingi siswa saat ada kesulitan dan membentuk kelompok belajar untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam pendekatan saintifik yaitu kendala non teknis yang berkaitan dengan cara mengajar guru dan kendala teknis yang berkaitan dengan alat pembantu pembelajaran. Upaya guru dalam mengatasi kendala yaitu membiasakan diri dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan selalu bertukar pendapat antar guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35127 |
Actions (login required)
View Item |