Upaya peningkatan profesionalitas guru akuntansi berdasarkan perpektif teori operant conditioning Burrhus Frederic Skinner / Pingky Rosabella Saraswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan profesionalitas guru akuntansi berdasarkan perpektif teori operant conditioning Burrhus Frederic Skinner / Pingky Rosabella Saraswati

Saraswati, Pingky Rosabella (2017) Upaya peningkatan profesionalitas guru akuntansi berdasarkan perpektif teori operant conditioning Burrhus Frederic Skinner / Pingky Rosabella Saraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pingky Rosabella S 2013. Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru Akuntansi Berdasarkan Perspektif Teori Operant Conditioning Burrhus Frederic Skinner. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA Kata Kunci Profesionalitas Guru reinforcement (penguatan) punishment (hukuman). Penelitian ini didasarkan pada pentingnya profesionalitas guru dalam menjalakan profesi sebagai guru. Dimana profesionalitas guru akuntansi di beberapa sekolah yang masih kurang seperti guru yang sering meninggalkan jam pelajaran guru tidak membuat perangkat pembelajaran dan sering meninggalkan sekolah untuk keperluan pribadi. Sekolah sebagai tempat bagi guru menjalankan profesinya maka sekolah bisa membuat upaya peningkatan profesionalitas guru. Upaya yang bisa dilakukan sekolah adalah dengan memberikan reinforcement (penguatan) dan punishment (hukuman). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dengan pemberian reinforcement (penguatan) dan punishment (hukuman) dapat meningkatkan profesionalitas guru akuntansi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah waka kurikulum unit manajemen mutu ketua jurusan akuntansi dan guru akuntansi di SMAN 1 Malang SMAN 8 Malang SMAN 6 Malang dan SMKN 12 Malang. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan sekolah berdasarkan prespektif teori operant conditioning berupa pemberian reinforcement (penguatan) yang dapat meningkatkan profesionalitas guru akuntansi adalah dengan mengadakan kegiatan workshop atau pelatihan baik di internal atau eksternal adanya apresiasi dengan mengumumkan guru yang terbaik dan memberikan hadiah finansial membentuk MGMP internal dan kelompok berdasarkan kekurangan dari guru supervisi pendidikan dan kegiatan diskusi dengan ahli materi. Upaya yang dilakukan sekolah berdasarkan prespektif teori operant conditioning berupa pemberian punishment (hukuman) yang dapat meningkatkan profesionalitas guru akuntansi adalah dengan teguran atau pembinaan mengunci pintu gerbang bagi guru yang terlambat mengumumkan guru yang belum melaksanakan tugas tidak memberikan tanda tangan persetujuan terkait keperluan guru yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35118

Actions (login required)

View Item View Item