Pengaruh minat belajar, disiplin dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening / Nelvi Mayang Dwi Tristuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar, disiplin dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening / Nelvi Mayang Dwi Tristuri

Tristuri, Nelvi Mayang Dwi (2017) Pengaruh minat belajar, disiplin dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening / Nelvi Mayang Dwi Tristuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mayang Nelvi. 2017. Pengaruh Minat Belajar Disiplin dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK NEGERI 1 TUREN dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P Kata Kunci Minat Belajar Disiplin Belajar Perhatian Orang Tua Hasil Belajar Motivasi Belajar. Hasil Belajar merupakan bentuk pencapaian siswa setelah melalui berbagai tahapan dalam proses belajar dan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan atau kegagalan siswa dalam belajar. Keberhasilan suatu pembelajaran itu sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam penelitian ini faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah minat disiplin dan perhatian orang tua dan menggunakan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya siswa kelas X yang kurang suka terhadap mata pelajaran akuntansi sebab mereka baru pertama kali mendapatkan mata pelajaran tersebut dan merasa akuntansi adalah mata pelajaran yang sulit. Selain itu terdapat beberapa siswa yang kurang disiplin dalam belajarnya mungkin ini disebabkan oleh kurang perhatiannya orang tua dalam memperhatikan kegiatan belajar anaknya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh secara langsung antara minat belajar disiplin dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar maupun pengaruh tidak langsung melalui motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research) . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen dengan jumlah 140 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel simple random slamping dan diperoleh 104 siswa kemudian disebar ke tiap kelas dengan proporsi yang sama menggunakan sampel proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mencari data tentang minat disiplin perhatian orang tua dan motivasi belajar sedangkan dokumentasi untuk mengambil data hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa (2) terdapat pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa (3) terdapat pengaruh antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa (4) terdapat pengaruh tidak langsung antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar (5) terdapat pengaruh tidak langsung antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar (6) terdapat pengaruh tidak langsung antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa melalui motivasi belajar (7) terdapat pengaruh antara minat belajar disiplin belajar dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi minat belajar disiplin dan perhatian orang tua maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa dan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa tentu akan meningkatkan juga hasil belajarnya dan begitu sebaliknya. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu bagi guru diharapkan dapat menumbuhkan minat dan disiplin siswa dengan memberikan motivasi belajar. Bagi siswa diharapkan lebih meningkatkan disiplin baik dirumah maupun disekolah lebih giat belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Bagi peneliti selanjutnya dapat memperluas populasi penelitian dan pengumpulan data yang digunakan tidak hanya melalui kuesioner tetapi bisa dengan observasi secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35116

Actions (login required)

View Item View Item