Yuliawati, Diana Dwi (2024) Pengaruh model problem based learning (pbl) dengan pendekatan etnosains terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi suhu kalor / Diana Dwi Yuliawati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan etnosains terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada materi suhu kalor. Penelitian ini menerapkan pendekatan mixed methods dengan desain explanatory sequential dimana tahap pertama secara kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design dan tahap kedua kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok diberikan soal pretest dan posttest dengan menggunakan instrumen tes berbasis esai. Validitas dan reliabilitas yang tinggi dari instrumen tersebut dibuktikan dengan uji kelayakan instrumen. Terdapat tujuh soal dengan kategori tingkat kesulitan sedang dan satu soal dengan kategori sulit pada instrumen tersebut. Cluster sampling digunakan untuk memilih tempat penelitian di MAN 1 Tulungagung kemudian sampel kuantitatif dipilih dengan cara penunjukan. Secara khusus 36 peserta didik dari kelas XI-C dipilih untuk menjadi kelompok eksperimen dan 36 peserta didik dari kelas XI-E dipilih untuk menjadi kelompok kontrol. Sedangkan sampel kualitatif dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Pada kelas eksperimen perlakuan yang diberikan adalah model PBL dengan pendekatan etnosains sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model PBL. Nilai lt 0 05 untuk Asymp.Sig (2-tailed) ditampilkan oleh uji Mann-Whitney. Hasilnya peneliti sepakat dengan hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan bahwa penggunaan pendekatan etnosains dalam model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diberikan perlakuan. Temuan dari hasil wawancara menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan etnosains dengan model PBL membantu peserta didik untuk menerima dan memahami informasi baru. Hal ini dapat dicapai dengan memadukan pengetahuan mereka dan kearifan lokal yang ada disekitar mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan etnosains dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kalor dan suhu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/351156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |