Pengembangan tes diagnostik four-tier multiple choice guna mengidentifikasi miskonsepsi materi gerak parabola pada peserta didik / Frisca Apriliana Ningrum</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes diagnostik four-tier multiple choice guna mengidentifikasi miskonsepsi materi gerak parabola pada peserta didik / Frisca Apriliana Ningrum</p>

Ningrum, Frisca Apriliana (2024) Pengembangan tes diagnostik four-tier multiple choice guna mengidentifikasi miskonsepsi materi gerak parabola pada peserta didik / Frisca Apriliana Ningrum</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui validitas instrumen soal four-tier multiple choice guna mengidentifikasi miskonsepsi pada materi gerak parabola. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (R amp D) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research) fase pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase) dan fase penilaian (assessment phase). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi instrumen lembar tes soal lembar angket dan lembar respon pendidik. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI-6 SMA Islam NU Pujon yang telah mendapatkan pembelajaran mengenai materi gerak parabola. Instrumen yang dikembangkan adalah sebuah tes diagnostik dengan empat tingkatan yang memadukan aspek teoritis dan matematis. Penelitian ini mengumpulkan data kualitatif seperti saran dan komentar dari dua validator ahli dan responden data kuantitatif meliputi skor validasi instrument dan hasil uji coba lapangan. Hasil uji coba lapangan didapatkan hasil uji tingkat kesukaran dan beberapa miskonsepsi yang teridentifikasi. Berdasarkan perolehan hasil validasi dari para ahli didapatkan validasi aspek materi memiliki rata-rata sebesar 91.09% rata-rata aspek konstruksi sebesar 91.16% dan validasi aspek bahasa mencapai persentase rata-rata 91.72%. Dari seluruh hasil persentase validasi dari ahli tersebut instrumen yang telah dikembangkan termasuk kedalam kategori sangat baik. Instrumen yang telah divalidasi oleh para ahli akan diujikan kepada beberapa peserta didik untuk memperoleh hasil uji coba empirik. Hasil uji validitas empirik 16 soal yang dilakukan pada peserta didik menunjukkan 12 soal valid yaitu pada nomor soal 1 2 3 4 7 9 10 12 13 14 dan 16. Sejumlah 12 soal yang valid dari uji validitas empirik oleh peserta didik kembali diujicobakan ke seluruh peserta didik. Untuk uji coba lapangan menunjukkan rata-rata persentase paham konsep pada seluruh soal adalah 4% tidak paham konsep 29% miskonsepsi 53% dan error 14%. Pada uji tingkat kesukaran soal nomor 2 7 11 dan 12 termasuk kedalam interpretasi sukar atau sulit dan soal nomor 1 3 4 5 6 8 9 dan 10 termasuk kedalam kategori sedang. Dari hasil uji coba instrumen soal four-tier multiple choice oleh para validator dan peserta didik dapat ditarik kesimpulan bahwa instrumen soal yang telah dikembangkan berhasil dan dapat diujicobakan secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/351155

Actions (login required)

View Item View Item