Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan profesional guru terhadap sikap belajar belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Rikka Apriyamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan profesional guru terhadap sikap belajar belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Rikka Apriyamasari

Apriyamasari, Rikka (2017) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan profesional guru terhadap sikap belajar belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Rikka Apriyamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriyamasari Rikka. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian dan Profesional Guru Terhadap Sikap Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sriyani Mentari S.Pd. M.M. Kata Kunci Persepsi Siswa Kompetensi Kepribadian Guru Kompetensi Profesional Guru Sikap Belajar Siswa. Sikap belajar siswa merupakan kemampuan internal yang ada di dalam diri siswa. Sikap berperan untuk mengambil tindakan yang akan dilakukan. Sikap bisa bernilai baik atau kurang baik tergantung dari siswa yang mempersepsikan objek yang dirasakannya. Persepsi adalah cara pandang/penilaian individu terhadap lingkungannya. Organisasi di lingkungan siswa yang berperan dalam proses belajar adalah guru. Di dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 BAB IV Pasal 10 pemerintah telah mensyaratkan bahwa seorang guru harus memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian guru yaitu mantap stabil dewasa arif berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. Kompetensi profesional adalah kemampuan guru dalam menguasai materi secara luas dan mendalam. Guru harus memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional yang baik agar siswa dapat menciptakan persepsi baik pula yang berdampak pada perubahan sikap belajar siswa yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan profesional guru terhadap sikap belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 2 Malang sejumlah 176 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan profesional guru SMK Muhammadiyah 2 Malang adalah baik yang ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 34 9426 dan 37 75. Sikap belajar siswa mempunyai kualifikasi yang baik yaitu skor rata-rata (mean) sebesar 36 25. Adanya pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap sikap belajar siswa ditunjukkan dari nilai thitung 1 980 dan nilai signifikan 0 05 nilai koefisien regresi sebesar 0 359 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R sebesar 26 3%. Adanya pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap sikap belajar siswa ditunjukkan dari nilai thitung 1 980 dan nilai signifikan 0 05 nilai koefisien regresi sebesar 0 257 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R sebesar 26 3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan profesional guru berpengaruh positif terhadap sikap belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35112

Actions (login required)

View Item View Item