Implementasi penilaian autentik pada Program Keahlian Akuntansi berdasarkan pada kurikulum 2013 / Wahyu Retno Purbosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penilaian autentik pada Program Keahlian Akuntansi berdasarkan pada kurikulum 2013 / Wahyu Retno Purbosari

Purbosari, Wahyu Retno (2017) Implementasi penilaian autentik pada Program Keahlian Akuntansi berdasarkan pada kurikulum 2013 / Wahyu Retno Purbosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Purbosari Wahyu Retno. 2017. Implementasi Penilaian Autentik pada Program Keahlian Akuntansi berdasarkan pada Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci penilaian autentik akuntansi kurikulum 2013. Salah satu aspek yang berubah dalam kurikulum 2013 adalah penilaian. Penilaian pada kurikulum 2013 mengarahkan pada penilaian autentik. Penilaian autentik adalah penilaian mengenai perkembangan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan berbagai metode. Penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 mempertegas perubahan dalam penilaian yaitu dari penilaian melalui tes (mengukur pengetahuan yang berdasarkan pada hasil saja) menjadi penilaian autentik (mengukur kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan yang berdasarkan pada proses dan hasil). Siswa diminta untuk mengaplikasikan teori yang didapat ke dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti implementasi penilaian autentik pada program keahlian akuntansi berdasarkan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pemahaman guru mengenai makna penilaian autentik 2) mendeskripsikan perencanaan penilaian pada program keahlian akuntansi 3) mendeskripsikan mengenai pelaksanaan penilaian pada program keahlian akuntansi 4) mendeskripsikan mengenai kendala yang dialami oleh guru dalam melaksanakan penilaian pada program keahlian akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi dalam kelas wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian instrumen utamanya adalah peneliti sendiri. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Kegiatan analisis data dmulai dengan tahap reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru Program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI Turen mengenai penilaian autentik kurang baik. Guru Program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI Turen telah melakukan perencanaan penilaian dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Soal yang dicantumkan mengacu pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru Program Keahlian Akuntansi secara autentik yang dilakukan selama proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai teknik. Kendala yang dihadapi dalam implementasi penilaian autentik oleh guru Program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI Turen yaitu berkaitan dengan penyesuaian kurikulum 2013 kurang sesuai nya antara perencanaan dan pelaksanaan penilaian kondisi lingkungan dan peserta didik yang mempengaruhi proses penilaian keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35110

Actions (login required)

View Item View Item