Kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional (Studi kasus di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar) / Ita Purnama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional (Studi kasus di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar) / Ita Purnama Sari

Sari, Ita Purnama (2013) Kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional (Studi kasus di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar) / Ita Purnama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kepemimpinan kepala sekolah SSN Peningkatan mutu pendidikan nasional dilakukan pemerintah melalui peningkatan kualitas pendidikan di sekolah karena sekolah merupakan salah satu komponen sistem pendidikan di Indonesia. Keberhasilan pendidikan di sekolah ditentukan oleh banyak faktor antara lain aspek kepemimpinan kepala sekolah sebagai pimpinan lembaga pendidikan. Kepala sekolah harus mampu membuat suatu sekolah bisa berkembang menjadi kriteria sekolah pada tingkat nasional. Hal ini harus dibuktikan dengan semakin baiknya sekolah yang dipimpinnya agar mendapat pengakuan secara nasional. Dalam skala nasional sekolah dapat dikatakan baik dan bermutu apabila telah mendapatkan predikat secara nasional yaitu sekolah yang berstandar nasional. Dalam memperoleh status sekolah yang berstandar nasional inilah kepemimpinan kepala sekolah sangat berperan penting. Fokus penelitian yaitu 1) karakteristik kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional 2) tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional 3) fungsi kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional 4) faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional di SDSN Karangtengah 1. Tujuan khusus adalah mendeskripsikan tentang karakteristik kepemimpinan kepala sekolah tipe kepemimpinan kepala sekolah fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan faktor yang mendukung dan menghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian maka menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan studi dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi. Peneliti menggunakan analisis data yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa karakteristik kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai sekolah standar nasional adalah memiliki karakteristik Pancasila yang sesuai filsafat bangsa Indonesia yakni tegas disiplin keteladanan bijaksana profesional serius dapat menempatkan diri tidak pernah berpura-pura (natural) keterbukaan mencintai pekerjaan memegang prinsip bahwa bekerja merupakan ibadah ikhlas tanpa pamrih loyalitas tinggi dan bewawasan ke depan terhadap pekerjaan. Tipe kepemimpinannya adalah demokratis yakni pendapat selalu diungkapkan di forum serta memberikan kesempatan kepada mitra kerjanya untuk berpendapat dan ikut andil dalam membuat keputusan secara mufakat. Fungsi kepemimpinannya adalah delegatif instruktif konsultatif dan partisipatif. Sedangkan faktor pendukungnya adalah penyusunan visi dan misi input yang memadai dan memiliki usia yang matang orang tua yang mau bekerjasama untuk senantiasa berperan serta mengawasi kegiatan anaknya selama di rumah sarana dan prasarana yang memadai semangat dan kekompakan seluruh warga sekolah yakni kepala sekolah guru karyawan sekolah murid dan orang tua murid. Faktor penghambatnya adalah dana dari pemerintah yang hanya sesuai dengan standar minimal saja intervensi dari elemen masyarakat seperti LSM wartawan masyarakat wali murid yang kurang bertanggung jawab terkait dengan kritisi terhadap setiap kebijakan yang diputuskan oleh kepala sekolah. Saran dalam penelitian ini yaitu 1) bagi Kepala SDSN Karangtengah 1 disarankan untuk terus meningkatkan kemampuan kepemimpinannya sehingga dapat menjalankan semua tugas secara lebih baik dan profesional lagi terutama dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan sekolah standar nasional di SDSN Karangtengah 1 agar lebih meningkat lagi. 2) bagi guru dan karyawan disarankan untuk senantiasa lebih aktif lagi dalam membantu kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah yang bermutu dan berprestasi dengan mengutamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat. 3) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil peneliti ini hendaknya menjadi tambahan referensi atau bahan kajian pengembangan ilmu kepemimpinan pendidikan dan lebih meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memahami kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah. 4) bagi peneliti lain disarankan kepada peneliti lain untuk dapat lebih mengembangkan pemikirannya tentang kepemimpinan kepala sekolah serta mau meneliti lagi yang lebih mendalam dan detail mengenai kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah pada suatu lembaga sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3511

Actions (login required)

View Item View Item