Pengaruh aspek kecerdasan dan lingkungan sosial terhadap perilaku etis akademik mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang / Nur Fadliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aspek kecerdasan dan lingkungan sosial terhadap perilaku etis akademik mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang / Nur Fadliana

Fadliana, Nur (2017) Pengaruh aspek kecerdasan dan lingkungan sosial terhadap perilaku etis akademik mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang / Nur Fadliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadliana Nur. 2017. Pengaruh Aspek Kecerdasan dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Etis Akademik Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sulastri S.Pd. M.SA. Kata Kunci Kecerdasan Intelektual Kecerdasan Emosional Kecerdasan Spiritual Lingkungan Sosial Perilaku Etis Akademik Perilaku etis akademik merupakan perilaku yang berkaitan dengan perbuatan atau sikap yang dilakukan oleh warga kampus yang sesuai dengan norma-norma atau aturan yang ada. Penelitian ini membahas beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku etis akademik mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Malang yaitu aspek kecerdasan dan lingkungan sosial. Dimana aspek kecerdasan terdiri dari kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan intelektual (X1) kecerdasan emosional (X2) kecerdasan spiritual (X3) dan lingkungan sosial (X4) terhadap perilaku etis akademik mahasiswa (Y). Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang. Sampel yang diambil berjumlah 151 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan intelektual kecerdasan spiritual dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap perilaku etis akademik mahasiswa sedangkan untuk kecerdasan emosional tidak berpengaruh. Hal ini dibuktikan dari hasil hipotesis yang menunjukkan bahwa untuk kecerdasan intelektual nilai thitung lebih besar dari ttabel (2 731 1 65845) kecerdasan spiritual nilai thitung lebih besar dari ttabel (3 068 1 65845) lingkungan sosial nilai thitung lebih besar dari ttabel (2 835 1 65845) sedangkan untuk kecerdasan emosional nilai thitung kurang dari ttabel (-0 166 1 65845). Dimana nilai nilai thitung lebih besar dari ttabel maka hipotesis diterima dan jika nilai thitung kurang dari ttabel maka hipotesis ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk penelitian selanjutnya adalah (1) bagi mahasiswa diharapkan dapat mengatur manajemen diri dengan baik sehingga mampu mengelolah emosi diri dan dapat mengatur perasaan serta mengendalikan diri. Dengan demikian hal ini dapat menjadikan diri tidak mudah emosi dan dapat mengelolah kondisi diri secara baik (2) bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan indikator perilaku etis akademik yang diambil dari buku Materi Dasar Pendidikan Program Akta I A Filsafat Ilmu terkait tanggung jawab ilmuan sehingga data yang didapat terkait perilaku etis akademik akan jauh lebih sesuai dengan aspek yang diteliti. ABSTRACT Fadliana Nur. 2017. The Influence of Social and Environmental Aspects of Intelligence Against the Ethical Behavior of Student Academic Accounting State University of Malang. Thesis Department Of Accounting Economics State University Of Malang. Supervisor (1) Sulastri S.Pd. M.SA. Keywords Intellectual Intelligence Emotional Intelligence Spiritual Intelligence Social Environment Academic Ethical Behavior Academic ethical behavior is behavior that relates to any act or attitude carried out by college residents according to the norms or rules. This research discusses some factors that influence academic ethical behavior of accounting students State University of Malang i.e. the social and environmental aspects of intelligence which aspects consist of intellectual intelligence emotional intelligence and spiritual intelligence. This research aims to explain the influence of intellectual intelligence (X1) emotional intelligence (X2) spiritual intelligence (X3) and the social environment (X4) against the ethical behavior of academic students (Y). This research used explanatory model. The population of this research is accounting students of State University of Malang 2014 and the sample is 151 students. The sampling technique used proportionate stratified random sampling. The result showed that partially intellectual intelligence spiritual intelligence and social environments affect student academic ethical behavior while emotional intelligence has no effect. It s proven by hypothetic showed that intellectual intelligence tvalue is more than ttable (2.731 1.65845) spiritual intelligence tvalue is more than ttable (3.068 1.65845) social environment tvalue is more than ttable (2.835 1.65835) while emotional intelligence tvalue is less than ttable (-0.166 1.65835). If tvalue is more than ttable hypothetic accepted and if tvalue is less than ttable hypothetic rejected. Based on the result of this research it can be advised for (1) college student to improve self-management so that they can control their self and emotion (2) for the next research can used academic ethical behavior indicator from Materi Dasar Pendidikan Program Akta I A Filsafat Ilmu so that the data can be more appropriate with that aspects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35108

Actions (login required)

View Item View Item