Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis autoplay media studio untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa SMK / Ikal Saifudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis autoplay media studio untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa SMK / Ikal Saifudin

Saifudin, Ikal (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis autoplay media studio untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa SMK / Ikal Saifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSRTAK Saifudin Ikal. 2017. Pengembangan Media PembelajaranInteraktifBerbasisAutoplay Media StudiountukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswa Mata PelajaranAkuntansi Perusahaan Jasa SMK. Skripsi JurusanAkuntansi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suparti M.P Kata Kunci media pembelajaraninteraktif autoplay media studio akuntansi Praktiknya guru di SMK CendikaBangsaKepanjensebagianbesartelahmenggunakan media pembelajaranPowerpointdansebagianlainyamenggunakan proses pembelajaransecara manual. Hasilpengamatandalam proses pembelajaranmenggunakan mediaPowerpointmenunjukkansebagianbesarsiswakurangmemperhatikan proses pembelajaransehinggalingkunganbelajarmenjadikurangkondusif.Media yang digunakankurangmenariksertamembosankansehinggasebagianbesarsiswamalakukanaktivitaslain di luar proses pembelajaran. Siswamenginginkan media pembelajaran yang menarik yang dapatmemudahkansiswamemahamimateripembelajaran sehinggadapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Berkaitandenganitu diperlukanpengembangan media pembelajaraninteraktifAutoplay media studiountukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswamatapelajaranakuntansiperusahaanjasa. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan (Research and Development) yang diadaptasidandimodifikasidarimodel pengembangan Gall Gall Borg (2003).Adapuntahapan yang digunakanmeliputi 7 tahapyaitu (1) AnalsisKebutuhan (2) PengembanganProdukAwal (3) MenyusunProduk (4) ValidasiAhli (5) RevisiProduk (6) UjiCobaLapangan dan(7)RevisiAkhirdanProdukAkhir. DesainujicobapenelitianinimenggunakandesainujicobaeksperimentalOne Group Pretest-Posttest Design.Validasi media pembelajaranterdiridariahli media ahlimateri danpengguna (guru dansiswa). Produk yang dihasilkanmemuatkompetensiinti/kompetensidasarmateri petakonsep materi video pembelajaran dansoalkuis.Keunggulanproduk yang dihasilkanlebihmudahdanringandijalankanpadakomputerkarenadalam format flashdantanpaharusmenginstalaplikasinya.Hasilvalidasikelayakan media pembelajaraninteraktifberbasisAutoplay media studioberdasarkanahli media danahlimateridiperolehpresentase 96 25% dan 82% yang termasukdalamkategori valid danlayakdigunakandalam proses pembelajaran. Hasilvalidasiolehpengguna gurudansiswadiperolehpresentase77 27% dan 81 43% yang termasukdalamkategoricukup valid dan valid sehinggadinyatakanlayakdigunakan. Hasilujiefektifitasmedia terhadapmotivasidanhasilbelajarsiswadenganPaired Sample T-Testdiperolehnilaisignifikansebesar 0 002 untukmotivasibelajardan 0 004 untukhasilbelajardimanamasing-masingnilaitersebutadalahkurangdari 0 05 sehinggadapatdisimpulkanbahwa media pembelajaraninteraktifberbasisAutoplay media studio tersebutefektifdandapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarpesertadidik. Adapun saran pengembangandanpemanfaatanproduklebihlanjutmeliputimenambahcakupanmateri pengemasanmateri petakonsep dansoalmenggunakan programlebihupdate dilakukanujicobapadatempatdansubjek yang berbeda danpengembanganprodukpadasmartphonedangadget.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35098

Actions (login required)

View Item View Item