Pengembangan e-module berbasis kontekstual pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK / Eren Prinstin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis kontekstual pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK / Eren Prinstin

Prinstin, Eren (2017) Pengembangan e-module berbasis kontekstual pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK / Eren Prinstin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prinstin Eren. 2017. Pengembangan E-Module Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci E-module Kontekstual Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang membekali siswanya dengan pengetahuan juga keterampilan sebagai bekal hidup (life skill) dengan tujuan untuk mempersiapkan para lulusan sebagai tenaga kerja yang terampil dan mampu bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu pembelajaran kontekstual dirasa tepat mewakili hal tersebut. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam upaya penerapannya ini dapat diwujudkan dalam bentuk bahan ajar. E-module berbasis kontekstual dengan video yang inovatif dan menarik perhatian digunakan sebagai stimulus (rangsangan) dalam proses pembelajaran yang berguna untuk melihat respon siswa dalam meningkatkan rasa ingin tahu dan motivasi peserta didik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan modul elektronik berbasis kontekstual yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pengembangan produk ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg and Gall yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan awal (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi ahli (5) revisi (6) uji coba produk dan (7) revisi produk . Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuatitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi ahli dan uji coba pengguna dianalisis menggunakan analisis deskripsi persentase. Data kualitatif berupa saran kritik dan tanggapan dari validator digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap e-module yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala Likert. Produk akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah e-module berbasis kontekstual yang dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Berdasarkan hasil analisis keseluruhan validasi diperoleh rata-rata persentase secara keseluruhan sebesar 89 69% yang berarti valid. Berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan signifikansi 0 000 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis kontekstual layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Saran kepada pengembang selanjutnya yaitu untuk mengembangkan produk dengan materi akuntansi yang lain serta mengembangkan produk yang tidak hanya dapat dioperasikan di laptop atau komputer saja tetapi juga di sistem operasi smartphone. ABSTRACT Prinstin Eren. 2017. The Development of Contextual Based E-Module for Accounting Subjects of Service Company to Improve Students Learning Motivation In Vocational High School . Sarjana s Thesis Department of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Keywords E-module Contextual Vocational High School (SMK) is an educational institution which provides knowledge and skill as students life provision (life skill) with the purpose is to prepare the graduates as skilled workers and able to compete in the world of work. Therefore contextual learning is appropriate to represent those things. One aspect that should be noticed in the effort of implementation can be realized through learning material. Contextual based e-module with innovative and interesting video is used as the stimulus in this learning process and it also used to observe the students response towards the increasing of students curiosity and motivation. This research and development aimed to create an electronic module of contextual based which able to improve student s motivation. This development product used the modification of research and development stages based on Borg and Gill statement which consists of (1) analysis of initial needs (2) planning (3) product developing (4) expert validation (5) product revision (6) main field testing (7) final product revision. Quantitative and qualitative data were used as the type of this research. The quantitative data was the expert validation result. The user trial was analyzed by using presentation description analysis. The qualitative data consist of suggestions critics and response from the validator which can be used as the consideration of the revision towards e-module which already developed by the researcher. The content validation was conducted by using questionnaire of scoring scale based on Likert s scale. The last product of this research and development was contextual based e-module which designed to increase students motivation. Based on the analysis of the overall validation the overall percentage average was 89 69% which means valid. Based on the test of Paired Sample T-test it showed that the significance was 0 000 0 05. Therefore it can be concluded that contextual based e-module is feasible and effective for the learning of accounting. Suggestions for the next researcher is to develop a product use other accounting materials and develop a product which can be used in smartphone not only in laptop or PC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35097

Actions (login required)

View Item View Item