Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Student Active Learning (SAL) untuk peserta didik kelas X SMK Program Keahlian Akuntansi / Tomi Permadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Student Active Learning (SAL) untuk peserta didik kelas X SMK Program Keahlian Akuntansi / Tomi Permadi

Permadi, Tomi (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Student Active Learning (SAL) untuk peserta didik kelas X SMK Program Keahlian Akuntansi / Tomi Permadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permadi Tomi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Student Active Learning (SAL) Untuk Peserta Didik Kelas X SMK Program Keahlian Akuntansi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Endang Sri Andayani SE M.Si. Ak Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Student Active Learning (SAL) Pembelajaran pada saat ini lebih terpusat terhadap peserta didik yang dituntut untuk aktif di dalam kelas hal ini bisa diwujudkan dengan metode belajar aktif (Student Active Learning) dimana pembelajaran dapat merangsang pemikiran serta berbagai jenis pandangan peserta didik secara individu maupun kelompok agar bisa belajar efektif dan secara aktif dengan melibatkan akal emosi dan fisik peserta didik. Untuk menjadikan pembelajaran terpusat terhadap peserta didik guru harus mampu merancang perangkat pembelajaran yang memberikan pengetahuan keterampilan dan hasil yang bagus untuk peserta didik. Pada saat ini di sekolah-sekolah di Indonesia sudah hampir semua menggunakan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 namun pada pelaksanaannya masih terdapat kejanggalan dikarenakan kurang optimalnya penerapan perangkat pembelajaran sehingga pembelajaran masih terpusat terhadap guru. Oleh karena itu peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat membantu peserta didik belajar secara aktif baik individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran berbasis Student Active Learning (SAL) pada mata pelajaran pengantar akuntansi untuk peserta didik kelas X SMK program keahlian akuntansi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan model Borg Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh tahapan. Tahapan yang digunakan meliputi (1) Studi pendahuluan (2) Mengembangkan produk awal (3) Menyusun produk (4) Validasi ahli (5) Revisi produk (6) Uji coba terbatas (7) Revisi akhir dan produk akhir. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dan data kualitatif yang diperoleh dari kritikan saran dan komentar. Hasil validasi RPP menunjukkan presentase 82 2% hasil validasi bahan ajar menunjukkan presentase 82 9% hasil validasi media pembelajaran menunjukkan presentase 81 2% dan hasil validasi evaluasi pembelajaran menunjukkan presentase 80%. Selain validasi juga didapatkan hasil uji coba terbatas oleh guru akuntansi dengan presentase 85% dan hasil uji coba terbatas oleh peserta didik dengan presentase 89 94%. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata penilaian terhadap perangkat pembelajaran sebesar 83 54%. Berdasarkan hasil tersebut perangkat pembelajaran berbasis Student Active learning (SAL) pada mata pelajaran pengantar akuntansi untuk peserta didik kelas X SMK program keahlian akuntansi ini dinyatakan valid atau layak untuk digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran akuntansi di seluruh SMK program keahlian akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35096

Actions (login required)

View Item View Item