Pengaruh metode Student Active Learning (SAL) dengan teknik group exchange terhadap sikap dan hasil belajar mata pelajaran akuntansi kelas XII-IPS di SMA Negeri 1 Purwosari / Rania Putri Distiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode Student Active Learning (SAL) dengan teknik group exchange terhadap sikap dan hasil belajar mata pelajaran akuntansi kelas XII-IPS di SMA Negeri 1 Purwosari / Rania Putri Distiawati

Distiawati, Rania Putri (2017) Pengaruh metode Student Active Learning (SAL) dengan teknik group exchange terhadap sikap dan hasil belajar mata pelajaran akuntansi kelas XII-IPS di SMA Negeri 1 Purwosari / Rania Putri Distiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Distiawati Rania P. 2017. Pengaruh Metode Student Active Learning (SAL) dengan Teknik Group to Group Exchange dalam Mata pelajaran Akuntansi terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMAN 1 Purwosari. Skripsi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata Kunci Student Active Learning Group to Group Exchange Sikap Belajar Hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan sikap belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Student Active Learning (SAL) dengan teknik group to group exchange dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran Student Active Learning (SAL) dengan teknik group to group exchange pada mata pelajaran akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk eksperimen semu (quasi experimental design) yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII SMA Negeri 1 Purwosari dengan sampel XII IPS 1 dan XII IPS 4 yang selurunya berjumlah 64 orang siswa tahun ajaran 2016/2017. Data hasil belajar siswa didapatkan pada post test dan data sikap belajar siswa didapatkan dari lembar penilaian teman sejawat. Instrument penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pre test dan post test untuk hasil belajar siswa yang masing-masing tes terdiri dari 25 buah pertanyaan dengan 5 pilihan jawaban yang keseluruhannya adalah soal pilihan ganda dan lembar penilaian teman sejawat yang terdiri dari penilaian teman sejawat awal dan penilaian teman sejawat akhir untuk sikap belajar siswa yang masing-masing tes terdiri dari 20 buah pernyataan dengan 4 skala jawaban. Perhitungan statistik tersebut dibantu dengan software SPSS.20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh ratarata hasil post test 82 87 dan untuk kelas kontrol 59 75 dan rata-rata hasil sikap belajar siswa akhir 79 62 dan untuk kelas kontrol 62 59. Hasil uji yang diperoleh melalui perhitungan SPSS menunjukan nilai Asymp.Sig untuk hasil belajar dan sikap belajar siswa sama sebesar 0 000 yang memiliki nilai lebih kecil dari dari nyata sebesar 0 05. Dari hasil penelitian yang menujukan pembelajaran Student Active Learning (SAL) dengan teknik group to group exchange dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sikap belajar siswa sebaiknya digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran akuntansi dengan materi laporan keuangan perusahaan dagang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35095

Actions (login required)

View Item View Item