Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa / Probo Retno Ary Palupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa / Probo Retno Ary Palupi

Palupi, Probo Retno Ary (2017) Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa / Probo Retno Ary Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Palupi Probo Retno Ary. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa. Skripsi. Jurusan Akuntansi Program Studi S-1 Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo S.E M.Sa Ak. Kata Kunci Dicovery Learning Motivasi Belajar Prestasi Siswa. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen diketahui bahwa siswa yang berperan aktif dalam kelas dan yang bisa mendapat skor terbaik di kelas adalah siswa yang duduk di deretan depan sedangkan yang duduk di daerah belakang akan cepat lupa dengan apa yang sudah diajarkan oleh guru dan hal itu menyebabkan guru harus mengulang materi yang sudah dijelaskan di pertemuan berikutnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga prestasi belajar siswa juga akan mengalami perbaikan. Pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran saintifik dengan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen dengan menggunkan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Tahapan pelaksanaan PTK meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi angket tes. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapaun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 42 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa yang diukur melalui angket motivasi dan prestasi belajar juga meningkat yang diukur melalui post tes diakhir perlakuan model pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yaitu (1) Kepada para guru diharapkan dapat mengorganisasikan waktu dengan tepat khusunya pada saat analisa masalah dalam kelompok dan presentasi karena pembelajaan discovery learning membutuhkan waktu yang lama. (2) Kepala Sekolah diharapkan menerapkan model discovery learning sebagai bahan masukan salah satu metode inovatif untuk menignkatkan kualitas pembelajarn di sekoalh tersebut serta sebagai alternative sarana untuk membantu tujuan pembelajaran agar dapat terwujud.(3) peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang penerapan model discovery learning dan mengembangkan penelitian ini menggunakan faktor lain yang memengaruhi prestasi belajar siswa. ABSTRACK Palupi Probo Retno Ary. 2017. The influence of the application of the Model of learning by Discovery Learning to increase motivation and Learning achievements of Students in the Subjects of accounting services company. Thesis. Majoring in accounting Program S-1 study of accounting education. The Faculty Of Economics. State University Of Malang. Supervisor Dr. Tuhardjo S. H. E M.Sa AK. Keywords Dicovery Learning Motivation Of Learning Student Achievement. Based on the results of observation beginning at grade X Accounting SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen note that students who play an active role in the classroom and who can get the best score in the class are students who sat in the front row while sitting in the rear areas will quickly forget with what has been taught by the teachers and it causes the teacher should repeat the material already covered in the next meeting. To address this then takes the learning that can increase the motivation of learning so that the learning achievements of students will also experience an improvement. The applied learning is the learning model with scientific discovery learning. This research aims to improve motivation and learning achievements of students of class X Accounting SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen with either learning model of discovery learning. This type of Research is research conducted a class Act (PTK) using 2 cycle. Phase of the PTK include planning actions actions actions observation and reflection. Data collection techniques used in this research is the observation the now the tests. While data analysis include the reduction of the data the presentation of the data and the withdrawal of the conclusion. Adapaun the subject of the research is the X grade SMK Muhammdiyah Accounting 5 Kepanjen totalling 42 students. The results showed that there was an increase in the motivation of student learning as measured through the now achievement motivation and learning also improved as measured through the post test learning model at the end of treatment. Based on the results of research advice that can be given as follows (1) to the teachers expected to organise the time correctly especially at the time of analysis the problems within the Group and the presentation because of the pembelajaan discovery learning takes a long time. (2) the principal is expected to implement a model of discovery learning as input one of the innovative methods for menignkatkan quality pembelajarn in the sekoalh as well as an alternative means to help the learning objectives to be realized. (3) Furthermore the researchers are expected to do research on the application of the model of discovery learning and develop this research using other factors that influence the learning achievements of students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35094

Actions (login required)

View Item View Item