Upaya dosen akuntansi untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) / Amiroh Azmiyatum Billah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya dosen akuntansi untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) / Amiroh Azmiyatum Billah

Billah, Amroh Azmiyatum (2017) Upaya dosen akuntansi untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) / Amiroh Azmiyatum Billah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Billah A. Azmiyatum. 2017. Upaya Dosen Akuntansi Untuk Mempersiapkan Mahasiswa Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd. M.SA. Kata kunci Dosen Akuntansi Masyarakat Ekonomi ASEAN Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa dosen jurusan akuntansi di Universitas Negeri Malang telah begitu pesat dalam mengikuti informasi pendidikan terbaru. Seharusnya hal tersebut sangat sejalan dengan prinsip Masyarakat Ekonomi ASEAN yang menganjurkan masyarakatnya untuk selalu berkembang begitu pula tuntutatn tersebut berlaku untuk mahasiswa. Dosen akuntansi yang mengaku paham akan apresiasi MEA terhadap pendidikan namun ternyata pemahaman tersebut belum tersampaikan ke mahasiswa. Dosen telah banyak menjadi pembicara dalam suatu seminar yang menyangkut MEA dalam pendidikan namun hal tersebut belum begitu mengubah hasil yang diperoleh mahasiswa dalam kesehariannya. Oleh karena itu sangat penting menyisipkan pemahaman-pemahaman tersebut dalam pembelajaran di kelas yang tentunya tidak keluar dari prinsip kompetensi guru (pedagogik profesional kepribadian dan sosial) sehingga mahasiswa mampu merasakan apresiasi langsung dari dosen secara fokus ke tujuan pembelajaran dari matakuliah yang ditempuh. Dari permasalahan tersebut maka penelitian ini berfokus pada bagaimana upaya dosen akuntansi kepada mahasiswa dalam menghadapi fenomena Masyarakat Ekonomi ASEAN. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara. Langkah-langkah analisis data pada penelitian ini antara lain (1) Penjodohan Pola (2) Pembuatan Eksplanasi (3) Analisis Deret Waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi UM memahami MEA namun tidak seluruh dosen melakukan pembaruan metode dalam pembelajaran (2) upaya yang telah dilakukan oleh dosen akuntansi berdasarkan (a) kompetensi pedagogik yaitu dengan melakukan pembiasaan penggunaan bahasa asing (inggris) (b) kompetensi profesional ketika pembelajaran mengenalkan studi kasus dari fenomena negara lain hendaknya dosen juga melakukan variasi dalam pengelolaan pembelajaran seperti pemecahan kasus berbasis drama (c) kompetensi kepribadian yaitu memperbaiki mindset mahasiswa melalui motivasi dari dosen tentang banyaknya keberhasilan diluar negeri yang dapat diraih sejak dini. Dosen seharusnya dapat menanamkan kebiasaan berperilaku positif seperti disiplin waktu dan (d) kompetensi sosial yaitu dengan memberikan ajakan menghadiri seminar melalui komunikasi yang friendly dengan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian saran diberikan kepada peneliti selanjutnya apabila mengambil topik yang serupa untuk penelitian diharapkan melakukan penelitian secara lebih mendalam dikarenakan penelitian ini memiliki kendala keterbatasan waktu dalam melakukan wawancara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35093

Actions (login required)

View Item View Item