Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar sisw kelas X SMKN 2 Blitar / Fajar Rizki Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar sisw kelas X SMKN 2 Blitar / Fajar Rizki Santoso

Santoso, Fajar Rizki (2017) Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar sisw kelas X SMKN 2 Blitar / Fajar Rizki Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santoso Fajar Rizki. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 2 Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sriyani Mentari S.Pd. M.M. Kata Kunci Problem Based Learning motivasi belajar hasil belajar Kurikulum yang berlaku sekarang adalah kurikulum 2013 dimana kurikulum 2013 mengharuskan untuk menggunakan pendekatan keilmuan. Dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif dan efektif. Salah satu cara yang dilakukan guru adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis scientific approach yaitu dengan menerapkan model problem based learning. Diharapkan dalam penerapan model problem based learning mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMKN 2 Blitar. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kelas X Akuntansi 1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X Akuntansi 3 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Instrumen tes yang diberikan berupa pretest dan posttest kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen angket diberikan kepada kedua kelas pada akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis uji Independent Sample t-Test pada variabel motivasi belajar diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sehingga terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan pada variabel hasil belajar diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar (gainscore) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran yang baru seperti problem based learning sebagai alternatif dalam model pembelajaran yang selama ini masih sangat umum digunakan yaitu konvensional untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Serta peningkatan dalam sarana dan prasarana oleh pihak sekolah untuk memperbaiki sistem pembelajaran dan fasilitas di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35092

Actions (login required)

View Item View Item