Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sampang / Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sampang / Mardiana

Mardiana (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sampang / Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardiana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sampang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sriyani Mentari S.Pd. M.M. Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) Motivasi Belajar Hasil Belajar. Pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Sampang umumnya masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga dalam proses pembelajarannya guru berperan sebagai pusat pembelajaran. Masalah yang dihadapi siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran konvensional oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan inovasi dan kreativitas guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Pemilihan model pembelajaran ini didasarkan pada sintaknya yang menuntun siswa aktif yang didukung oleh turnamen akademik sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivai belajar dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournamen (TGT) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X AK 1 sebagai kelas control dan X AK 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah pretest dan posttest instrument penelitian ini menggunakan tes dan angket sedangkan analisis data menggunkan analisis deskriptif uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan untuk kedua variable dependent adalah uji t dua pihak pada taraf signifikansi 945 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Kooperatiftipe Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini didukung dengan adanya perbedaan nilai rata-rata skor motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (2) model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan adanya perbedaan rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35089

Actions (login required)

View Item View Item