Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Linda Dwi Agustin

Agustin, Linda Dwi (2017) Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Linda Dwi Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin, Linda Dwi. 2017. Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryanto, M.Ed. Kata kunci: Reward dan Punishment, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Keberhasilan suatu pendidikan salah satunya ditentukan oleh bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Guru memiliki peran yang penting dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenagkan bagi siswa. Selain itu guru juga harus mampu memahami karakteristik dan kepribadian siswa. Secara umum siswa memiliki beberapa kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Salah satu kebutuhan siswa adalah kebutuhan penghargaan atas prestasi yang telah diperolehnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan perhargaan tersebut adalah dengan memberikan reward dan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar, (2) pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMKN 2 Blitar. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Kelas X Akuntansi 3 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akuntansi 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent Sample T-test. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar, (2) terdapat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah: (1) bagi sekolah, dapat dijadikan bahan pertimbangan guna memperbaiki kualitas dan mutu sekolah, (2) bagi guru, dapat diterapkan dalam pembelajaran guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, (3) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya mengukur motivasi belajar tidak hanya dengan kuesioner, tetapi dikombinasikan dengan teknik wawancara dan observasi; menggunakan sampel yang berbeda dan lebih luas; dan memperluas penilaian hasil belajar ranah psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35087

Actions (login required)

View Item View Item