Analisis implementasi authentic assessment guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Rista Citra Aroma - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi authentic assessment guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Rista Citra Aroma

Aroma, Rista Citra (2017) Analisis implementasi authentic assessment guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Rista Citra Aroma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aroma Rista Citra. 2017. Analisis Implementasi Authentic Assessment Guru Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Jurusan Akuntansi Prodi Pendidikan AkuntansiFakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sriyani Mentari S.Pd M.M. Kata Kunci Authentic Assessment Guru Akuntansi Salah satu yang ditekankan dalam kurikulum 2013 adalah Penilaian otentik atau authentic assessment. Penilaian otentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.Namun kenyataan di lapangan masih terdapat guru yang masih menggunakan bentuk penilaian yang berbasis tes tulis (paper and pencil test). Padahal proses tersebut belum mencerminkan penilaian secara otentik. Hal ini terjadi karena adanya guru yang masih belum memahami tentang penilaian otentik yang diharapkan oleh kurikulum. Penelitian ini brfokus pada pengkajian mengenai perencanaan guru akuntansi tentang authentic assessment bagaimana pelaksanaan authentic assessment dan kendala apa yang dihadapi oleh guru dalam penerapan authentic assessment pada guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh melalui data primer dan sekunder Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan pengambilan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Miles and Huberman yang dimulai dari reduksi data penyajian data dan diakhiri dengan verifikasi data. Kegiatan keabsahan temuan dilakukan dengan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwaguru akuntansi telah membuat perencanaan penilaian otentik yang dituangkan guru dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan dari silabus yang sesuai dengan kurikulum 2013.Pelaksanaan penilaian otentik atau authentic assessment yang dilakukan oleh guru akuntansi meliputi penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan yang menunjukkan kesesuaian dengan prinsip penilaian otentik.Kendala yang dihadapi guru dalam mengimpletasikan penilaian otentik berkaitan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dipengaruhi oleh tambahan tugas guru mata pelajaran aspek penilaian yang terlalu banyak perubahan teknik penilaian kegiatan sekolah kondisi lingkungan dan peserta didik serta keterbatasan waktu Dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan implementasi penilaian otentik untuk guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang sesuai dengan kurikulum 2013. Dan hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi guru akuntansi untuk lebih meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelaksanaan penilaian otentik yang dilakukan. Bagi peneliti lain yang akan meneliti tentang authentic assessment disarankan untuk untuk mengunakan tema penelitian yang berbeda yang lebih beragam. ABSTRACT Aroma Rista Citra. 2017. Analysis Implementation of Authentic Assessment AccountingTeachers at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Sarjana s Thesis Department of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Advisors Sriyani Mentari S.Pd M.M. Keyword Authentic Assessment AccountingTeacher One of the emphasized in curriculum 2013 is authentic Assessment.authentic assessment has strong relevance towards scientific approach in accordance with the demands of the curriculum learning 2013.But in fact there are some teachers who still using paper and pencil test for their assessment. But that process hasn t reflect the authentic assessment yet. It s happen because there are teachers who doesn t understand what the curriculum want about authentic assessment. This research focuses on the study of accounting teacher s planning about authentic assessment about how the implementation of authentic assessment and what are the obstacles that faced by accounting teachers in the application of authentic assessment at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Qualitative approach with cases study used in this study. Data source are collected by primary data and secondary data. The procedure of data collection is done by observation interviews and documentation. Data analysis in this study using Miles and Huberman based that started from the data reduction data presentation and ending with verification data. Data validation done.The activities performed by the validity of the findings by means of triangulation. The results of this study showed that the accounting teacher has made authentic assessment planning on learning implementation plan (RPP) developed from the syllabus in accordance with the curriculum of 2013. Authentic assessment or implementation of authentic assessment conducted by the accounting teacher include the assessment of knowledge and skills assessment that demonstrates compliance with the principles of authentic assessment. The obstacles that faced by teachers in implementation of authentic assessment related to learning implementation plan (RPP) influenced by number of additional duties this aspect of the judgment is too much change the assessment techniques school activities environmental conditions and the learners as well as limited time From this research are expected to increase the implementation of authentic assessment of accounting teachers at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen appropriate with curriculum 2013. And should be used as evaluation material for accounting teachers to further enhance and improve the quality of implementation of authentic assessment. For other researchers who examined about authentic assessment are recommended to use different research themes in order to make various result.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35086

Actions (login required)

View Item View Item