Pengembangan e-modul sebagai penunjang discovery learning pada mata pelajaran pengantar akintansi dan keuangan untuk meningkatkan hasil belajar sswa di SMK / Ike Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul sebagai penunjang discovery learning pada mata pelajaran pengantar akintansi dan keuangan untuk meningkatkan hasil belajar sswa di SMK / Ike Dwi Lestari

Lestari, Ike Dwi (2017) Pengembangan e-modul sebagai penunjang discovery learning pada mata pelajaran pengantar akintansi dan keuangan untuk meningkatkan hasil belajar sswa di SMK / Ike Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Ike Dwi. 2017. Pengembangan E-Modul Sebagai Penunjang Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P. Kata Kunci e-modul pengantar akuntansi keuangan perusahaan jasa discovery learning Bahan ajar merupakan persoalan pokok yang tidak bisa dikesampingkan dalam satu kesatuan yang utuh pada proses pembelajaran. Pada kurikulum 2013 menghendaki bahwa bahan ajar sepenuhnya dibuat oleh pemerintah pusat. Namun hingga kini bahan ajar kurikulum 2013 belum tersedia untuk semua pelajaran khususnya pelajaran produktif di SMK. Pengantar akuntansi dan keuangan adalah salah satu pelajaran produktif pada paket keahlian akuntansi di SMK yang belum memiliki bahan ajar berdasarkan kurikulum 2013. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran pengantar akuntansi keuangan di kelas belum optimal sesuai dengan kompetensi yang dikehendaki. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin melakukan pengembangan e-modul pengantar akuntansi dan keuangan pada perusahaan jasa. E-modul yang dikembangkan berupa aplikasi yang berekstensi flash. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model Borg Gall (2003). Tahap-tahap yang dilakukan meliputi assess needs to identify goals conduct instructional analysis analyze learners and context write performance objectives develop assessment instruments develop instructional strategy develop and select instructional materials design validation revise instruction dan design and conduct formative evaluation of instruction. Aplikasi e-modul pengantar akuntansi dan keuangan telah diuji kelayakan kevalidan dan keefektifannya oleh validator media validator materi serta uji coba pengguna guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan serta soal tes untuk uji efektivitas produk. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor angket dan nilai pretest-posttest serta data kualitatif berupa uraian kekurangan dan saran. Hasil keseluruhan validasi produk menunjukkan rata-rata skor 92% dengan kriteria valid/digunakan. Hasil uji efektivitas produk yang diperoleh pada siswa kelas X Akuntansi 2 di SMKN 2 Blitar di analisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 000 0 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sehingga discovery learning ditunjang dengan penggunaan e-modul Pengantar Akuntansi dan Keuangan dianggap memberikan pengaruh dan efektif untuk digunakan. Disisi lain peneliti memberikan saran pada pengembangkan e-modul lebih lanjut yaitu memuat kompetensi dasar secara keseluruhan pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan agar materi yang disajikan lebih komprehensif memberikan variasi pada program aplikasi agar semua evaluasi bisa dikerjakan secara interaktif memperbaiki penggunaan sistem aplikasi agar produk yang telah dikembangkan dapat digunakan pada smartphone. ABSTRACT Lestari Ike Dwi. 2017. Development of E-Module as Discovery Learning Support on Introduction to Accounting and Financial Subject to Enhance Students Gain Score in Vocational High School. Sarjana s Thesis Department of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Dr. Suparti M.P. Key words E-Modul introduction to accounting and financial service company discovery learning Teaching material is considered as important point in learning process. In the 2013 curriculum requires that the teaching materials is fully made by the central government. However the 2013 curriculum teaching material is not yet provided for all subjects especially for productive subjects in vocational school. Introduction to accounting and financial is one of the productive subject of accounting skill in vocational school which has no teaching material based on 2013 curriculum. It causes the learning process of the subject run less optimal according to the standard competence. Based on the above problem the researcher conducts a development of introduction to accounting and financial e-module on service company. The developing e-module is in the form of flash-extended application. The present study is a development research which adapted development model proposed by Borg Gall (2003). The stages of the development research are as follows assess needs to identify goals conduct instructional analysis analyze learners and context write performance objectives develop assessment instruments develop instructional strategy develop and select instructional materials design validation revise instruction and design and conduct formative evaluation of instruction. This e-module application has been feasibility validity and effectiveness tested by media and material validators and tried by the teachers and students as well. The instruments of the study are feasibility test questionnaires and item test for product effectiveness test. The data obtained are quantitative data questionnaires and pretest-posstes score and qualitative data weakness and suggestions description. The overall result of product validation indicates average score of 92% which means valid/implemented. The result of product effectiveness obtained from tenth grade students of accounting 2 at SMKN 2 Blitar analyzed by paired sample t-test indicates that there is significant differences on the gain score which is proven by sig. 2-tailed value as many as 000 0 05. In conclusion the gain score is significantly different so that the discovery learning supported by introduction to accounting and financial e-module is effective to be used. On the other hand the researcher suggests that the next e-module development should contain the whole basic competence on introduction to accounting and financial subject in order to present more comprehensive material provide variety on application program so that the evaluation is able to be done interactively improve the application system utilizing so that the developed product will be able to be access by smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35085

Actions (login required)

View Item View Item