Pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah akuntansi dan kebiasaan belajar akuntansi terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Universitas Negeri Malang / Noor Evellia Childfali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah akuntansi dan kebiasaan belajar akuntansi terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Universitas Negeri Malang / Noor Evellia Childfali

Childfali, Noor Evellia (2017) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah akuntansi dan kebiasaan belajar akuntansi terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Universitas Negeri Malang / Noor Evellia Childfali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Childfali Noor Evellia. 2017. Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Akuntansi dan Kebiasaan Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi di Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M.Ak. Kata Kunci Persepsi Mahasiswa Mata Kuliah Akuntansi Kebiasaan Belajar Akuntansi dan Prestasi Belajar. Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. Pada zaman sekarang banyak masalah yang timbul di kalangan mahasiswa dan sangat merisaukan bagi dosen seperti rendahnya partisipasi mahasiswa dalam proses kegiatan belajar mengajar akuntansi serta dalam perkuliahannya. Mahasiswa cenderung hanya duduk diam dan sekedar mendengarkan tanpa memberikan respon pada mata kuliah akuntansi yang diberikan dosen. Hal tersebut menjadi kendala bagi proses belajar mengajar sehingga mempengaruh prestasi belajar mahasiswa. Baik buruknya prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Salah satu faktor intern adalah persepsi mahasiswa tentang mata kuliah akuntansi dan faktor internal yang mempengaruhi dalam memahami dan menyerap ilmu adalah kebiasaan belajar akuntansi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh yang signifikan persepsi mahasiswa tentang mata kuliah akuntansi terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Universitas Negeri Malang (2) Pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar akuntansi terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposional random sampling dengan 111 sampel dari 153 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi mahasiswa tentang matakuliah akuntansi terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Universitas Negeri Malang (sig 0 008 lebih besar dari 0 05) (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar akuntansi terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi di Universitas Negeri Malang (sig 0 031 lebih besar dari 0 05). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat saran kepada universitas untuk mendukung dan memberikan fasilitas yang memadahi agar mahasiswa dapat mempunyai kebiasaan belajar akuntansi yang baik serta disiplin. Bagi dosen dapat memberikan pengarahan kepada mahasiswa bahwa mata kuliah akuntansi adalah mata kuliah yang menyenangkan sehingga mahasiswa senantiasa mempunyai persepsi yang positif. Bagi mahasiswa agar senantiasa menumbuhkan persepsi yang positif terhadap apa yang dipelajari serta mengubah kebiasaan belajar akuntansi yang buruk menjadi kebiasaan belajar akuntansi yang baik serta secara disiplin. Bagi orang tua agar memberikan faktor psikologis yang cukup karena peran orang tua mampu mengubah cara pandang serta kebiasaan belajar peserta didik sehingga prestasi belajar mahasiswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35083

Actions (login required)

View Item View Item