Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan di SMK Negeri 2 Blitar / Catharina Indarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan di SMK Negeri 2 Blitar / Catharina Indarwati

Indarwati, Catharina (2017) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan di SMK Negeri 2 Blitar / Catharina Indarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indarwati Catharina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci model discovery learning kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa ditentukan oleh banyak faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan dikelas. Dalam kegiatan pembelajaran guru harus menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan efektif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan pembelajaran berbasis scientific model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi 2 Sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes yang terdiri atas pre-test dan post-test yang diberikan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Untuk perhitungan statistik tersebut dibantu dengan Software SPSS.16 For Windows. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan di smk negeri 2 blitar. saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery dapat dijadikan sebagai model alternatif dalam pembelajaran akuntansi peningkatan sarana dan prasarana oleh pihak sekolah untuk memperbaiki kualitas sistem pembelajaran dan fasilitas sekolah dan peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan materi yang berbeda dan menggunakan subjek penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35082

Actions (login required)

View Item View Item