Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap sikap belajar akuntansi / Zulfiayuni Choirunnisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap sikap belajar akuntansi / Zulfiayuni Choirunnisak

Choirunnisak, Zulfiayuni (2017) Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap sikap belajar akuntansi / Zulfiayuni Choirunnisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choirunnisak Zulfi Ayuni. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Penggunaan Model Pembelajaran dan Media Pembelajaran terhadap Sikap Belajar Akuntansi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. Ak. Kata kunci Persepsi Siswa tentang Penggunaan Model Pembelajaran Media Pembelajaran dan Sikap Belajar Akuntansi Keberhasilan dari proses belajar yang dapat dilihat dari diterima atau tidaknya informasi yang diberikan oleh guru kepada siswa.Guru kerap kali menggunakan model dan media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menerima materi yang diajarkan. Namun beberapa siswa dalam satu ruang lingkup belajar memiliki pemahaman dan respon yang berbeda dalam menerima model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pelajaran akuntansi. Hal tersebut dikarenakan perbedaan persepsi tiap siswa dalam menilai apa yang sedang dilakukan guru dalam menyampaikan materi akuntansi dan perbedaan kemampuan tiap siswa dalam menerima informasi. Persepsi inilah yang membentuk sikap belajar siswa dapat berupa sikap menerima atau menolak senang atau tidak senang pada saat proses pembelajaran. Dimana sikap belajar merupakan salah satu faktor internal yang berpengaruh pada proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap sikap belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Kepanjen siswa kelas X AK 2 X AK 3 dan X AK 4 dengan jumlah populasi 119. Menggunakan sampel sebanyak 92 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang penggunaan model pembelajaran secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap sikap belajar akuntansi siswa kelas X SMK Kepanjen (2) persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap sikap belajar akuntansi siswa kelas X SMK Kepanjen. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi SMK Kepanjen sebagai lembaga pendidikan hendaknya melengkapi fasilitas yang ada khususnya untuk media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran dikelas. Sehingga proses belajar siswa dapat lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan belajar (2) Bagi guru sebagai pendidik yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran diharapkan mampu menyesuaikan materi yang diajarkan dengan kemampuan dari masing-masing siswa agar kegiatan pembelajaran dapat diikuti oleh semua siswa. Selain itu guru diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran hanya sebagai alat bantu bukan untuk mengganti peran guru dalam kegiatan pembelajaran. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas indikator penelitian pada kecenderungan jenis model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi akuntansi serta mengembangkan variabel lain yang belum dikaji dalam penelitian ini dengan menyesuaikan kondisi siswa dan sekolah terkait dengan penggunaan model dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35079

Actions (login required)

View Item View Item