Pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi kelas X di SMK Islam Batu / Ardiana Nugraha Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi kelas X di SMK Islam Batu / Ardiana Nugraha Wati

Wati, Ardiana Nugraha (2017) Pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi kelas X di SMK Islam Batu / Ardiana Nugraha Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wati Ardiana Nugraha. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas X di SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr Sunaryanto. M. Ed. Kata Kunci Model Project Based Learning Motivasi Belajar Hasil Belajar Pada penelitian ini model Poject Based Learning diuji cobakan pada siswa SMK hal ini dikarenakan karakteristik lulusan SMK dituntut tidak hanya paham secara konsep tetapi juga secara praktek. SMK yang dipilih sebagai subjek dan objek pada penelitian ini adalah SMK Islam Kota Batu. Materi yang digunakan adalah materi seputar penyusunan laporan keuangan materi ini dianggap relevan diterapkan menggunakan bantuan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian adalah eksperimen semu dan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalen control group design dengan model Pretest- posttest Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Islam Batu yang terdiri dari tiga kelas sedangkan sampelnya adalah kelas X AK I sebagai kelas eksperimen dan X AK 2 sebagai kelas kontrol. Setiap kelas yang menjadi sampel penelitian memiliki jumlah siswa yang sama. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa silabus RPP dan Handout dan instrumen pengukuran berupa tes hasil belajar. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji normalitas dengan uji Kolmogorov- Smirnov (Uji K-S) dan uji homogenitas menggunakan uji Homogenity of Variances. Berdasarkan skor rata-rata hasil belajar siswa kelompok siswa yang belajar dengan model PjBL memiliki skor rata-rata hasil belajar lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar secara konvensional 37 94 27 94. Hal ini berarti model PjBL berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar yang belajar dengan model PjBL dan siswa yang belajar dengan cara konvensional. ABSTRACT Wati Ardiana Nugraha. 2017. The Effect of Project Based Learning Model on Learning Motivation and Outcomes Accounting of Class X at SMK Islam Batu. Thesis Sarjana s Acoounting Departement Faculty of Economics State University of Malang Advisor Dr Sunaryanto M Ed. Keywords Project Based Learning (PjBL) Model Learning Motivation Learning Outcomes In this research Project Based Learning model was tested on SMK students because thecharacteristics of SMK graduates are required not only understand conceptually but also in practice. SMK selected as subject and object in this research is SMK Islam Batu. The material used is the material around the preparation of the financial statement this material is considered relevant applied using project assistance. This research aims to determine whether there are differences in motivation and learning outcomes of groups of students who were taught by the model of PjBL and group of students who were taught by conventional learning. The approach used in this research is a quantitative approach with the type of experimental research.The design of the research is quasi experiment and the research design used was non equivalent control group design with Pretest-posttest Group Design model.The population of the researchis class X students of SMK Islam Batu consisting of three classes while the sample is class X AK I as experiment class and X AK 2 as control class.Each class being sample has the same number of students.The research instrument used is a treatment instrument in the form of syllabus RPP and Handout and measurement instrument in the form of learning result test.The test instrument is first tested for validity and reliability. Hypothesis testing is using the t-test. Before hypothesis testing is done normality test with Kolmogorov-Smirnov test (K-S test) and homogeneity test using VariancesHomogenity. Based on the average score of student learning outcomes groups of students studying with the PjBL model had a higher average learning outcome score than the conventional learning group 37.94 27.94. This means that the PjBL model influences students motivation and learning outcomes. The conclusions of this research are there are differences in learning motivation and learning outcomes that are studying with the PjBL model and with conventional learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35078

Actions (login required)

View Item View Item