Persepsi dan faktor-faktor yang mendorong mahasiswa mengikuti program pendidikan profesi guru / Eva Lusiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan faktor-faktor yang mendorong mahasiswa mengikuti program pendidikan profesi guru / Eva Lusiana

Lusiana, Eva (2017) Persepsi dan faktor-faktor yang mendorong mahasiswa mengikuti program pendidikan profesi guru / Eva Lusiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lusiana Eva. 2017. Persepsi dan Faktor-faktor yang Mendorong Mahasiswa Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci persepsi faktor pendorong program Pendidikan Profesi Guru Guru merupakan profesi yang menuntut keahlian dan keterampilan khusus yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan karena di samping tugas utamanya mengajar juga mendidik. Program Pendidikan Profesi Guru (program PPG) adalah salah satu program yang dibuat oleh pemerintah untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Persepsi mahasiswa tentang program PPG (2) Faktor-faktor yang mendorong mahasiswa mengikuti program PPG. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Informan dalam penelitian terdiri atas tiga mahasiswa S1 Pendidikan tiga mahasiswa S1 Nonpendidikan dan tiga mahasiswa PPG. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode dari Miles and Huberman yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang program PPG secara umum menyatakan bahwa program PPG adalah program yang bagus dan efektif yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan profesionalitas bagi guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional namun ada mahasiswa yang berpersepsi bahwa program PPG kurang efisien karena akan memperlama masa studi mahasiswa Pendidikan yang ingin langsung menjadi guru yang diakui dengan sertifikat pendidik dan gelar guru profesional. Kemudian menurut mahasiswa persyaratan yang harus dipenuhi dan konsekuensi yang harus ditanggung untuk mengikuti program PPG sudah sesuai dengan bonus yang diberikan dari program PPG walaupun di sisi lain ada mahasiswa yang berpersepsi bahwa persyaratan untuk mengikuti program PPG belum sesuai. Sementara itu untuk jalur masuk program PPG mahasiswa lebih mendukung jalur program SM3T atau program PPG-SM3T dibanding dengan jalur reguler atau program PPG Reguler. Kemudian untuk faktor-faktor yang mendorong mahasiswa mengikuti program PPG faktor-faktor yang ditemukan meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang ditemukan mendorong mahasiswa mengikuti program PPG antara lain minat motivasi kesiapan dan kematangan fisik maupun psikis serta prestasi. Faktor eksternal yang ditemukan mendorong mahasiswa mengikuti program PPG antara lain kondisi ekonomi dan pendapat keluarga kampus dosen teman kuliah teman sepermainan dan media massa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35075

Actions (login required)

View Item View Item