Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran akuntansi peeusaaan jasa untuk meningkatkan mtivasi dan hasil belajar siswa di SMK / Fariez Dzulkarnaen Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran akuntansi peeusaaan jasa untuk meningkatkan mtivasi dan hasil belajar siswa di SMK / Fariez Dzulkarnaen Santoso

Santoso, Fariez Dzulkarnaen (2017) Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran akuntansi peeusaaan jasa untuk meningkatkan mtivasi dan hasil belajar siswa di SMK / Fariez Dzulkarnaen Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santoso Fariez Dzulkarnaen. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P. Kata Kunci Multimedia interaktif perusahaan jasa motivasi belajar hasil belajar Perkembangan teknologi informasi saat ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guru sebagai komponen terpenting dalam proses pembelajaran dituntut untuk mampu menciptakan media pembelajaran yang inovatif kreatif dan menarik guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Media yang sering digunakan guru saat ini adalah media presentasi dengan menggunakan software power point. Namun dalam praktiknya sering kali guru hanya menampilkan slide dengan tulisan-tulisan panjang dan monoton. Selain akan menimbulkan rasa bosan siswa juga akan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Hal ini mengakibatkan siswa kurang termotivasi sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang baik. Oleh karena itu perlu adanya inovasi terhadap media pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih menarik lebih bervariasi dan tidak membosankan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall (2003). Tahapan yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan pengembangan produk validasi ahli revisi I uji lapangan terbatas revisi II dan produk akhir. Validasi multimedia interkatif dilakukan oleh 1 dosen teknologi pendidikan (TEP) UM 1 guru akuntansi SMK PGRI 2 Malang dan 27 siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan angket penilaian motivasi sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan soal tes untuk uji efektivitas produk. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor angket dan nilai pretest-posttest serta data kualitatif berupa uraian komentar dan saran. Produk yag dihasilkan berupa multimedia interaktif yang memuat materi akuntansi perusahaan jasa yang di lengkapi dengan adanya gambar animasi audio video dan soal evaluasi. Hasil uji penilaian dari ahli media dan ahli materi menunjukkan multimedia interaktif memperoleh nilai 95% dan 88 33% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 2 Malang sebagai pengguna memberikan nilai rata-rata 85 07% dengan kriteria layak. Hasil uji efektivitas produk pada siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang yang dianalisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35071

Actions (login required)

View Item View Item