Pengembangan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK / Reni Sovia Putri

Putri, Reni Sovia (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK / Reni Sovia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Reni Sovia. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak, CA Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Pembaharuan pendidikan sangat dibutuhkan dan menjadi tuntunan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, maka pendidik harus bisa meningkatkan kualitas pengajarannya dalam proses belajar mengajar. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun di SMK Muhammadiyah 3 Singosari bahan ajar yang digunakan kurang memadai. Siswa hanya memiliki 1 bahan ajar cetak yaitu modul. Fasilitas sekolah berupa Wifi gratis dan LCD masih kurang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan fasilitas sekolah. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, handout, dan media pembelajaran pada materi persediaan yang efektif. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah model Gall and Borg. Tahapan yang digunakan meliputi: 1) Analisis Kebutuhan Awal, 2) Mengembangkan Produk Awal, 3) Validasi, 4) Revisi Produk I, 5) Uji Coba Lapangan Terbatas, 6) Revisi Produk II, 7) Uji Coba Lapangan, 8) Produk Akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi keuangan valid/layak digunakan, terbukti dengan skor penilaian ahli materi sebesar 82,8 % (valid/layak digunakan), ahli media sebesar 98,6 % (valid/layak digunakan), ahli pendidikan sebesar 86 % (valid/layak digunakan), uji coba lapangan terbatas (siswa dan guru) sebesar 87.7 % dan 80,7 % (valid/layak digunakan). Uji coba lapangan sebesar 80.2 % (valid/layak digunakan). Pada uji coba lapangan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, terbukti hanya 3 orang siswa yang nilainya dibawah KKM. Saran yang diajukan untuk penelitian dan pengembangan berikutnya yaitu penamabahan evaluasi pembelajaran, melakukan pre-test saat uji coba berlangsung, media pembelajaran yang dihasilkan dapat diakses secara online dan melakukan action research untuk mengkur keefektifan perangkat pembelajaran secara keseluruhan. ABSTRACT Putri, Reni Sovia. 2017. The Development of Learning Tools toward Financial Accounting Subject in Vocational High School. Department of Accounting, Faculty of Economic, State University of Malang. Supervisors: Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak, CA Keywords: Learning Tools, Financial Accounting Subject Reformation in education field is very necessary and demanded in improving education quality. In order to improve education quality, then, the education should be able to improve educator quality in the teaching learning process. Learning tools used in the learning process should be appropriate to the learning goal. However, in SMK (Vocational High School) Muhammadiyah 3 Singosari, the used learning tools still less appropriate. Students only have 1 printed material, which is module. School facilities such as free WiFi and LCD still less utilized in order to reach the learning goal. Thus, it needs learning material that appropriate to the student needs and school facilities. This research and development aims to produce learning tools of RPP (Learning Implementation Plan), handout, and learning media towards effective supply material. Research model used in this research and development was model by Gall and Borg in which the steps as follow: 1) initial needs assessment; 2) developing initial product; 3) validation; 4) product I revision; 5) limited field test; 6) product II revision; 7) field test; and 8) final product. The research result showed that the learning tool towards financial accounting subject was valid/feasible to be used. It was proven by assessment score from material expert of 82.8% (valid/feasible to be used), from media expert of 98.6% (valid/feasible to be used), from education expert of 86% (valid/feasible to be used), from limited field test (student and teacher) of 87.7% and 80.7% (valid/feasible to be used), and from field test of 80.2% (valid/feasible to be used). In the field test, student learning outcome had improvement. It was proven by only 3 students gained score under KKM (Minimum Completeness Criteria). Suggestions to the next researcher are to conduct learning evaluation, conduct pre-test during the test, to make the learning media able to be accessed online and to conduct action research in order to assess the effectiveness of learning tools as a whole.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35070

Actions (login required)

View Item View Item