Mayasari, Liya (2013) Manajemen kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang / Liya Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kurikulum tauhid manajemen kurikulum Pendidikan yang diberikan di sekolah harus bisa mengikuti perubahan dan perkembangan jaman serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi namun tetap memperhatikan pendidikan akhlak dalam rangka pembentukan sikap dan kepribadian serta budi pekerti peserta didik yang lebih baik. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ar Rohmah Putri Boarding School Malang merupakan salah satu sekolah yang menggunakan konsep pendidikan yang sedikit berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya yakni pendidikan berbasis tauhid. Melalui visi berdakwah dalam Islam maka pendidikan berbasis tauhid dipilih untuk landasan pendidikan di sekolah ini termasuk dalam pelaksanaan kurikulumnya. Fokus penelitian ini secara umum yaitu Manajemen Kurikulum Berbasis Tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang yang kemudian diuraikan menjadi beberapa sub-fokus sebagai berikut (1) perencanaan kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang (2) pelaksanaan kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang (3) penilaian kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang (4) faktor pendukung dalam manajemen kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang (5) faktor penghambat dalam manajemen kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang dan (6) upaya mengatasi hambatan dalam manajemen kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar RohmahPutri Boarding School Malang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian berada di Jalan Raya Jambu Nomor 01 Semanding Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Teknik pangumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan beberapa cara antara lain (1) reduksi data (2) display data dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik (1) perpanjangan keikutsertaan (2) ketekunan pengamatan dan (3) triangulasi. Tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap penulisan laporan. Kesimpilan yang dapat di temukan dari penelitian ini yaitu (1) perencanaan kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang yang dilakukan oleh departemen pendidikan dan menghasilkan dua jenis kurikulum yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berasal dari dinas pendidikan dan Kurikulum Dinniyah yang berasal dari sekolah dengan berpedoman pada pendidikan berbasis tauhid (2) pelaksanaan kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang dilakukan ii dengan menekankan sistem pendidikan pesantren dengan dua waktu yang berbeda pada KTSP dan kurikulum dinniyah (3) penilaian kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang dilakukan dengan menggunakan sistem penilaian adab yang mengacu pada pendidikan berbasis tauhid (4) faktor pendukung dalam manajemen kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang berasal dari dalam dan dari luar sekolah (5) faktor penghambat dalam manajemen kurikulum berbasis tauhid di sekolah ini sebagian besar berasal dari dalam sekolah sendiri dan terletak pada sumber daya manusia yang ada dan (6) upaya mengatasi hambatan dalam manajemen kurikulum berbasis tauhid dilakukan dengan melakukan pembinaan supervisi koordinasi pemberian motivasi contoh serta dukungan dalam melaksanakan kurikulum berbasis tauhid. Berdasarkan kesimpulan ada beberapa saran yang diberikan oleh peneliti antara lain (1) Kepala SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang hendaknya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara menambah waktu untuk pembinaan dan memperbanyak referensi mengenai pendidikan berbasis tauhid (2) Tenaga Pendidik SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang hendaknya seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut khususnya bagi guru-guru mampu mengembangkan kegiatan belajar-mengajar serta merealisasikan konsep pendidikan berbasis tauhid sehingga dapat mencapai visi tauhid secara utuh. (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya di Jurusan Administrasi Pendidikan dikembangkan mata kuliah manajemen kurikulum yang lebih mendalam dan luas cakupannya misalnya problematika dalam manajemen kurikulum dan solusinya. Sehingga mampu membahas tentang pengembangan dan pembaharuan kurikulum dalam dunia pendidikan baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun instansi-instansi pendidikan terkait dan (4) Peneliti lain hendaknya hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan wawasan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang manajemen kurikulum sehingga dapat melakukan penelitian pada substansi yang sama tetapi dalam tinjauan yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3507 |
Actions (login required)
View Item |