Perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran etika profesi antara metode pembelajaran inquiry dengan metode pembelajaran konvensional kelas X SMKN 1 Pamekasan / Mustakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran etika profesi antara metode pembelajaran inquiry dengan metode pembelajaran konvensional kelas X SMKN 1 Pamekasan / Mustakim

Mustakim (2017) Perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran etika profesi antara metode pembelajaran inquiry dengan metode pembelajaran konvensional kelas X SMKN 1 Pamekasan / Mustakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustakim 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Etika Profesi antara Model Pembelajaran Inquiry dengan Model Pembelajarn Konvensional Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pamekasan. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Sudi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cipto Wardoyo SE M.Pd M. Si. Ak. CA. Kata Kunci Inquiry konvensioanl hasil Belajar Etika Profesi. Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia yang secara formal dilaksanakan disekolah dan kegiatannyaberkaitan dengan proses pembelajaran yang berpusat pada guru maupun siswa. pada saat pelaksaan pembelajaran dalam kelas terdapat berbagai permasalahan. Sesuai dengan hasil pengamatan awal guru lebih cenderung menggunanakan metode ceramah daripada metode lainnya. Inquiry merupakan model yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran etika profesi pada kelas X Ak1 dan Ak2 Akuntansi di SMK Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Prettest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Ak1 dan Ak2 dengan jumlah total sebanyak 45 siswa. Teknik sampling yang digunakan yakni Purposive sampling dengan menunjuk langsung kelas yang digunakan penelitian. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 item. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian ini menggunakan uji t untuk membandingkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara gain score kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil rata-rata gain score kelas eksperimen adalah 19.09. Kemudian hasil rata-rata gain score kelas kontrol adalah 13.70. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa denga t-hitung 2.140 t-tabel 2.079. Dari data tersebut dapat dikatakan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik atau tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran inquiry lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa. ABSTRACT Mustakim 2017. The Comparison of Students Learning Outcomes on Professional Ethics between Inquiry Learning Model with Conventional Learning Model of Tenth Grade of Accounting students of SMKN 1 Pamekasan. Thesis Accounting Department Accounting Education Program Faculty of Economics State University of Malang. Advisor (1) Dr. Cipto Wardoyo SE M.Pd M. Si. Ak. CA. Keywords Inquiry conventional Learning Outcomes Professional Ethics. Education is an important part of human life that is formally implemented in school and its activities relate to the learning process centered on teacher and student. In the implementation of learning process in the class there are some problems. Based on the result of preliminary study teachers prefer using lecturing method than using other methods. In this case inquiry is a learning model that can be used in learning process. That is the reason why the researcher is interested to know the difference of students learning outcomes. The purpose of this study to determine the comparison of students learning outcomes on professional ethics in class X Ak1 and Ak2 accounting classes in SMK Negeri 1 Pamekasan. This research is a quasy experimental research with Nonrandomized Prettest-Posttest Control Group Design. The population of this study were the students of class X Ak1 and Ak2 having 45 students. The sampling technique used was Purposive sampling directly chosing the classes for this research. The research instrument used was a 20-item test for pretest and posttest in the form of multiple choice. The technique of data analysis used to test this research hypothesis was t-test. It was used to compare the average score of pretest and posttest between the experimental class and the control class. Based on the data analysis it was found that there is significant different of the average of gained score between the experimental class and the control class. The average of gained score of the experimental class is 19.09. On the other hand the average of gained score of the control class is 13.70. Based on the result it is found that inquiry learning model can increase students learning outcomes with t-calculate 2.140 t-table 2.079. Then it can be concluded that the learning outcomes of the experimental class is better or higher than the control class. In other words inquiry learning model is more effective to increase students learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35066

Actions (login required)

View Item View Item