Mediasi computer self-efficacy terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan e-learning / Fenty Shintya Riadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Mediasi computer self-efficacy terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan e-learning / Fenty Shintya Riadani

Riadani, Fenty Shintya (2017) Mediasi computer self-efficacy terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan e-learning / Fenty Shintya Riadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riadani Fenty Shintya. 2017. Mediasi Computer Self-Efficacy terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Kemudahan Penggunaan E-Learning. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Nujmatul Laily S.Pd M.SA Kata Kunci Computer Anxiety Usia Gender Computer Self-Efficacy Persepsi Kemudahan Penggunaan E-Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecemasan seseorang dalam menggunakan komputer (computer anxiety) usia dan gender terhadap persepsi kemudahan penggunaan e-learning oleh dosen akuntansi melalui kepercayaan diri seseorang dalam menggunakan komputer (computer self-efficacy). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh dosen jurusan akuntansi di Universitas Negeri Malang sejumlah 34 orang sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur computer anxiety computer self-efficacy dan persepsi kemudahan penggunaan e-learning. Variabel bebas dalam penelitian adalah computer anxiety usia dan gender. Sedangkan variabel terikat adalah persepsi kemudahan serta computer self-efficacy sebagai variabel intervening. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan pengujian hipotesis menggunakan uji analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS 16 for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan computer anxiety dengan persepsi kemudahan melalui computer self-efficacy. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan usia responden dengan persepsi kemudahan melalui computer self-efficacy. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan gender dengan persepsi kemudahan melalui computer self-efficacy. Keterbatasan penelitian ini adalah (1) Hasil yang diperoleh tidak dapat digeneralisasi karena homogenitas sampel yang digunakan yaitu dosen akuntansi yang berasal dari satu perguruan tinggi saja. (2) Metode penggunaan kuesioner dapat menimbulkan efek bias akibat responden tidak memahami maksud pernyataan dari kuesioner yang digunakan. (3) Jumlah sampel yang digunakan lebih kecil daripada jumlah sampel yang digunakan pada penelitian penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35060

Actions (login required)

View Item View Item