Pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dengan integrasi pengatur grafis Kelas vii SMP / Danik Nolita</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dengan integrasi pengatur grafis Kelas vii SMP / Danik Nolita</p>

Nolita, Danik (2024) Pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dengan integrasi pengatur grafis Kelas vii SMP / Danik Nolita</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran membaca pemahaman bertujuan untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis siswa serta merangsang siswa agar mampu berpikir kreatif. Selain itu membaca pemahaman dapat menjadi salah satu upaya pembiasaan agar peserta didik gemar membaca. Terdapat masalah dalam hal memahami bacaan pada peserta didik sehingga dibutuhkan bahan ajar. Kemampuan memahami bacaan pada setiap peserta didik menunjukkan variasi yang sifnifikan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal kemampuan ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang melekat pada diri individu. Sebagian peserta didik sudah memiliki kemahiran yang tinggi dalam memahami bacaan sementara yang lain masih menghadapi kesulitan dalam hal hal tersebut. Faktor eksternal berasal dari lingkungan sekitar yang memiliki peran penting dalam kemampuan memahami bacaan peserta didik. Peserta didik yang mengalami kesulitan sering kali tidak mendapatkan dukungan yang memadai dari lingkungan mereka. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model 4-D (Four D) yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Model pengembangan 4-D ini terdiri dari empat tahap utama yaitu Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) namun pada penilitian ini tahap desiminate (penyebaran) tidak dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara dengan pendidik bahasa Indonesia untuk mendapatkan informasi tentang membaca pada peserta didik dan penilaian angket oleh dua validator yaitu dosen dan pendidik bahasa Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu wawancara dan angket. Pada penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan teknik analisis data yang meliputi teknik kualitatif dan kuantitif. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan menganalisis data kualitatif yang berupa data verbal. Data verbal yang diperoleh berupa wawancara catatan komentar dan saran perbaikan yang tertulis. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data numerik berupa skor yang diperoleh dari angket penilaian terhadap pengembangan bahan ajar. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk yang berupa bahan ajar yang berjudul Membaca Pemahaman Menggunakan Pengatur Grafis yang tersedia dalam bentuk buku fisik dan e-book yang ditujukan untuk siswa SMP kelas VII. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan setelah revisi sesuai dengan saran. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk pengembangan telah berhasil memenuhi standar kevalidan dan kepraktisan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/350590

Actions (login required)

View Item View Item