Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis appypie untuk mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Aldi Pratama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis appypie untuk mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Aldi Pratama Putra

Putra, Aldi Pratama (2017) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis appypie untuk mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Aldi Pratama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Aldi Pratama. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Appypie untuk Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suparti MP Kata Kunci media pembelajaran mobile learning appypie borg dan gall Dalam praktiknya mayoritas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Malang telah menyediakan fasilitas berupa LCD dan proyektor untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah. Namun tidak semua guru me-manfaatkan fasilitas tersebut. Guru yang sudah menggunakan media pembelajar-an masih menggunakan media pembelajaran Power Point dengan tampilan yang masih sangat sederhana yaitu hanya berupa teks dan disisipkan dengan beberapa gambar. Dengan tampilan slide yang masih sangat sederhana dinilai kurang me-narik dan tidak dapat memotivasi peserta didik dalam belajar. Jika hal tersebut berlangsung secara terus menerus dalam proses pembelajaran maka dapat ber-dampak negatif terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan permasalahan diatas maka perlu dikembangkan media pembelajaran mobile lear-ning berbasis Appypie untuk mata pelajaran Akuntansi di SMK. Prosedur penelitian dan pengembangan ini dimodifikasi dari model pe-ngembangan Borg and Gall (1983). Desain uji coba penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen satu kelompok prates-postes atau disebut dengan eksperimen tunggal dengan indikator keberhasilan adalah tingkat motivasi dan hasil belajar peserta didik. Validasi media pem-belajaran dilakukan oleh ahli materi ahli media dan pengguna (praktisi pem-belajar dan peserta didik). Uji coba media pembelajaran dilakukan kepada peserta didik kelas XAK2 SMKN 1 Turen dengan menggunakan angket motivasi dan soal prates-postes maka dapat diketahui perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengunakan media pembelajaran Appypie. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah be-rupa media pembelajaran mobile learning berbasis Appypie yang diberi nama Mobile Accounting dimana media pembelajaran ini memuat materi neraca saldo dan jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan sebuah website pembuatan aplikasi untuk smartphone. Media pembelajaran ini terdiri dari 9 fitur utama yaitu Profil Kontak Materi video pembelajaran seputar akuntansi contoh dan latihan soal tambahan kuis dan obrolan. Dapat diketahui hasil dari validasi ahli media dan materi adalah sebesar 98 75% dan 98 44%. Hasil dari angket motivasi belajar dan soal prates-postes peserta didik memperoleh nilai signifikan motivasi belajar sebesar 0 000 dan hasil belajar sebesar 0 000 dimana nilai tersebut adalah kurang dari 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis Appypie ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Adapun saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar media pembelajaran Appypie ini dapat ditambah cakupan materinya dan dapat ditingkatkan ke versi berbayar agar mendapatkan hasil media pembelajaran yang lebih baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35057

Actions (login required)

View Item View Item