Penerapan model pembelajaran mandiri dalam pelatihan peningkatan kompetensi guru melaksanakan penilaian autentik / Siti Imrotus S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mandiri dalam pelatihan peningkatan kompetensi guru melaksanakan penilaian autentik / Siti Imrotus S.

Imrotus S., Siti (2017) Penerapan model pembelajaran mandiri dalam pelatihan peningkatan kompetensi guru melaksanakan penilaian autentik / Siti Imrotus S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholikah Siti Imroatus. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Mandiri Dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Melaksanakan Penilaian Autentik. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Endang Sri Andayani S.E M.Si. Ak. Kata Kunci kompetensi guru pembelajaran mandiri penilaian autentik Pelatihan yang selama ini dilaksanakan untuk guru ditemukan beberapa permasalahan mendasar diantaranya adalah pelatihan dilaksanakan dalam rentang waktu yang relatif singkat dan tidak adanya kelanjutan dari pelatihan tersebut (follow up). Guru tidak didorong untuk belajar mandiri dalam mempersiapkan penilaian autentik karena pelatihan didominasi oleh aktivitas pelatih dalam menyampaikan materi. Pelaksanaan pelatihan selama ini belum secara optimal meningkatkan kompetensi guru oleh sebab itu terjadi kecenderungan guru kembali pada cara menilai seperti sebelum mengikuti pelatihan. Permasalahan utama yang dihadapi para guru terkait penerapan penilaian yang sesuai kurikulum 2013 ialah kurang nya perencanaan dan persiapan yang baik untuk melaksanakan penilaian autentik yang menyebabkan guru kesulitan saat menerapkan penilaian autentik dalam pembelajaran. Mayoritas guru masih nyaman dengan menggunakan penilaian konvensional dari pada menggunakan penilaian autentik. Kesulitan dalam mengembangkan indikator indikator yang menjadi aspek dalam penilaian. Kendala lain yang dialami guru saat melaksanakan penilaian autentik ialah kesulitan mengontrol siswa di kelas dengan kuantitas siswa yang cukup banyak serta sulitnya guru menghafal satu persatu nama dan karakteristik siswa ditambah pula waktu pembelajaran yang relatif singkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan partisipatoris yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan sampai guru memahami penilaian autentik serta guru mampu mempersiapkan penilaian autentik yang sesuai dengan standar penilaian kurikulum 2013. Subyek yang diambil sebanyak empat guru produktif akuntansi di SMK Widya Dharma Turen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan dengan mengkontruksi model pembelajaran mandiri dikatakan berhasil memenuhi empat aspek efektifitas pelatihan yakni (a) Learning (b) Reaction (c) Result dan (d) Behavior. Sebanyak 91% keterlaksanaan kegiatan pelatihan sudah sesuai dengan konsep pembelajaran mandiri. Dapat disimpulkan jika program pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian autentik yang bertumpu pada konsep pembelajaran mandiri memberikan pengalaman belajar terintegrasi dan komprehensif sehingga pembelajaran mandiri dapat efektif di lingkungan para guru. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah program pelatihan dengan mengkontruksi model pembelajaran mandiri akan lebih efektif jika didukung fasilitas sekolah kondisi sekolah serta dukungan oleh lembaga pelatihan. Agar kebutuhan yang diperlukan selama pelatihan terpenuhi. Dan guru siap mengikuti kegiatan pelatihan dari awal hingga akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35056

Actions (login required)

View Item View Item