Efektivitas blended learning berbantuan Learning Management System (LMS) Edmodo terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di SMK / Suparti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas blended learning berbantuan Learning Management System (LMS) Edmodo terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di SMK / Suparti

Suparti (2017) Efektivitas blended learning berbantuan Learning Management System (LMS) Edmodo terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi di SMK / Suparti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suparti. 2017. Efektivitas Blended Learning Berbantuan Learning Management System (LMS) Edmodo Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK. Skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. MA. M.M. Ak Kata Kunci Blended Learning Edmodo Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Pembelajaran blended learning menjadi salah satu alternative pembelajaran yang lebih efektif dan efisien di era perkembangan teknologi dan informasi saat ini. Blended Learning dimaknai sebagai perpaduan kemajuan teknologi inovatif yang menggabungkan pembelajaran online tanpa menghilangkan pembelajaran tatap muka. Blended Learning berbantuan LMS Edmodo sebagai alah satu alternative yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan percepatan materi yang terjadi ketika Praktek Kerja Industri telah selesai dilaksanakan oleh peserta didik SMK. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pertama efektivitas blended learning berbantuan LMS edmodo terhadap aktivitas belajar. Kedua untuk menguji efektivitas blended learning berbantuan LMS edmodo terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan Pre-Test-Post-Test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akntansi SMK Negeri 1 Bojonegoro tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini membagi sasaran penelitian menjadi dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data aktivitas belajar menggunakan observasi wawancara dan angket terbuka sedangkan pengumpulan data hasil belajar dengan menggunakan tes berupa pilihan ganda. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan kualitatif untuk aktivitas belajar dan pendekatan kuantitatif untuk hasil belajar. Analisis data aktivitas belajar menggunakan analisis triangulasi data sedangkan analisis data hasil belajar dengan menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS Versi 21 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar peserta didik yang diberikan perlakuan pembelajaran blended learning berbantuan LMS Edmodo meningkat terbukti dari hasil observasi wawancara dan angket terbuka. (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diberikan perlakuan model pembelajaran blended learning berbantuan LMS Edmodo dan peserta didik yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional terbukti dari nilai signifikansi 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35055

Actions (login required)

View Item View Item