Pengaruh penggunaan media mobile learning berbasis android dengan aplikasi akuntansi UKM terhadap konsentrasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri / Syari Fatu Solichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media mobile learning berbasis android dengan aplikasi akuntansi UKM terhadap konsentrasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri / Syari Fatu Solichah

Solichah, Syari Fatu (2017) Pengaruh penggunaan media mobile learning berbasis android dengan aplikasi akuntansi UKM terhadap konsentrasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri / Syari Fatu Solichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solichah Syari Fatu. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Mobile Learning Berbasis Android dengan Aplikasi Akuntansi UKM terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Mobile Learning Android Akuntansi UKM Konsentrasi Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis android dengan aplikasi Akuntansi UKM dibandingkan dengan aplikasi Microsoft Excel terhadap peningkatan konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain non-equivalen control grup design dan model pre test-post test control grup designs.populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri yang berjumlah 188 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 dan Akuntansi 3 yang menjadi kelas eksperimen dan kelas control berjumlah masing-masing 36 siswa. Pemilihan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan teknik pengambilan simple random sampling. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh media mobile learning berbasis android dengan aplikasi Akuntansi UKM terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil angket pada 36 siswa kelas eksperimen terdapat 42% siswa yang memperoleh kategori sangat konsentrasi 36% siswa yang memperoleh kategori konsentrasi 16% siswa yang memperoleh kategori cukup konsentrasi dan 6% siswa yang memperoleh kategori kurang konsentrasi. Pada kelas kontrol hanya terdapat 19% yang memperoleh kriteria sangat konsentrasi 56% siswa memperoleh kriteria konsentrasi 22% siswa yang cukup konsentrasi dan 3% siswa yang kurang konsentrasi. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test pada 36 siswa kelas eskperimen terdapat 83% yang memperoleh kriteria sangat baik dan 17% siswa yang baik. Pada kelas kontrol hanya terdapat 78% yang memperoleh kriteria sangat baik dan 22% siswa yang cukup baik. Jika dibandingkan kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Ini artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan media mobile learning berbasis android terhadap konsentrasi dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran kepada guru untuk terus berinovasi dan kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan bagi siswa sedangkan untuk siswa dan pihak sekolah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dan sumber belajar yang lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. ABSTRACT Solichah Syari Fatu. 2017. The Influence of Using Mobile Learning Media Based Android with Akuntansi UKM Application on Concentration and Learning Achievement of Class Ten Accounting at SMK Negeri 2 Kediri. Thesis Accounting Department Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Keywords Mobile Learning Android Akuntansi UKM Concentration Learning Achievement . The purpose of this research is to determine the influence of mobile learning media based android with Akuntansi UKM application compared with Microsoft Excel application to increase the concentration and learning achievement of class ten accounting SMK Negeri 2 Kediri. This research is a quasi experimental research with design of non-equivalent control group design and model of pre test-post test control group designs. Population used in this research is the students of class ten accounting SMK Negeri 2 Kediri which amounted to 184 students. The sample in this study are the students of class ten accounting 2 and accounting 3 which become experiment class and control class amounted to each of 36 students. The selection of experimental and control class is done by simple random sampling technique. The results of this study explain that there is the influence of mobile learning media based android with Akuntansi UKM application to concentration and learning achievement. Based on the questionnaire results in 36 experimental class students there were 42% of students who received highly concentrated category 36% of students received concentration category 16% of students received enough concentration category and 6% of students who received less concentration category. In the control class there were only 19% who received highly concentrated criteria 56% of the students had concentration criteria 22% of students were sufficiently concentrated and 3% of students were less concentrated. Based on the results of pre-test and post-test on 36 students of experimental class there are 83% who get very good criteria and 17% good students. In the control class there were only 78% who received very good criteria and 22% of the students were good enough. When compared the experimental class is better than the control class. This means that there is an effect of using mobile learning media based android to the concentration and learning achievement of students. From the results of this research the authors can provide advice to teachers to continue to innovate and creatively in creating an interesting learning atmosphere and fun for students while for students and the school results of this study can be used as information and other learning resources to improve the quality of learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35052

Actions (login required)

View Item View Item