Urifah, Lilik (2024) Pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan sosial pada siswa tunagrahita di Sekolah inklusi / Lilik Urifah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tunagrahita adalah kondisi di mana individu memiliki tingkat kecerdasan jauh di bawah rata-rata yang ditandai dengan penurunan kemampuan intelektual serta kesulitan dalam berkomunikasi. Keterbatasan intelektual ini memengaruhi kemampuan individu dalam menyelesaikan tugas sehari-hari berinteraksi sosial dan berkomunikasi dengan orang lain. Selain mengalami hambatan dalam bidang akademik keterbatasan ini juga berdampak pada keterampilan sosial terutama dalam hubungan dengan teman sebaya. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk membantu anak meningkatkan hubungan sosialnya dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keterampilan sosial siswa tunagrahita khususnya dalam hubungan dengan teman sebaya di SDN Kiduldalem 1 sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) agar mendapatkan pemahaman awal tentang tingkat keterampilan sosial mereka sebelum intervensi. (2) Mengetahui keterampilan sosial siswa tunagrahita khususnya dalam hubungan dengan teman sebaya di SDN Kiduldalem 1 setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) agar terlihat ada atau tidaknya perubahan atau peningkatan dalam keterampilan sosial mereka setelah intervensi. (3) Mengidentifikasi pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa tunagrahita khususnya dalam hubungan dengan teman sebaya. Dengan demikian dapat disimpulkan apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) secara signifikan memberikan dampak positif pada perkembangan keterampilan sosial siswa tunagrahita khususnya dalam hubungan dengan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) pola A-B-A rsquo . Subjek pada penelitian ini adalah anak laki-laki berusia 13 tahun berinisial AZ. Adapun jenis pengukuran yang digunakan adalah persentase sementara metode analisis yang digunakan meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil pengukuran dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan mean level pada baseline-1 (A1) dengan persentase 40 62%. Persentase ini kemudian meningkat pada fase intervensi (B) menjadi 67 5%. Selanjutnya pada baseline-2 (A2) terjadi peningkatan lebih lanjut hingga mencapai 87 5%. Dalam penelitian ini data overlap antara baseline-1 (A1) dan fase intervensi (B) adalah 0%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan sosial siswa tunagrahita khususnya dalam hubungan dengan teman sebaya. Saran dari penelitian ini adalah (1) Guru dapat menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa sebagai alternatif pembelajaran yang dapat memberikan efek positif pada perkembangan keterampilan sosial siswa terutama bagi siswa tunagrahita. (2) Peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa yang lebih kompleks misalnya keterampilan sosial yang mencakup lebih dari satu dimensi. (3) Peneliti berikutnya juga dapat menggunakan lebih dari satu subjek sebagai perbandingan hasil antara masing-masing subjek dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/350510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |