Peran organisasi kemahasiswaan dalam peningkatan keterampilan sosial mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Negeri Malang / Lan Lan Zulfa Haqi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran organisasi kemahasiswaan dalam peningkatan keterampilan sosial mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Negeri Malang / Lan Lan Zulfa Haqi</p>

Haqi, Lan Lan Zulfa (2024) Peran organisasi kemahasiswaan dalam peningkatan keterampilan sosial mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Negeri Malang / Lan Lan Zulfa Haqi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran organisasi kemahasiswaan dalam peningkatan keterampilan sosial mahasiswa berkebutuhan khusus faktor pendukung serta faktor penghambat peningkatan keterampilan sosial mahasiswa berkebutuhan khusus dalam berorganisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis metode deskriptif. Pemilihan metode didasarkan pada kebutuhan penelitian yang dapat mendeskripsikan menjelaskan dan menjawab secara lebih rinci masalah yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data melalui reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa organisasi kemahasiswaan berperan dalam peningkatan keterampilan sosial mahasiswa berkebutuhan khusus beberapa aspek peningkatan keterampilan sosial tersebut diantaranya ialah 1) peningkatan dalam berinteraksi sosial seperti lebih mudah dalam berbaur dengan orang baru serta hilangnya rasa takut untuk berinteraksi dengan lingkungan baru 2) terbangunnya hubungan interpersonal antara mahasiswa berkebutuhan khusus dengan individu di organisasi yang mereka ikuti sehingga menumbuhkan keakraban antar teman serta terjalinnya persahabatan 3) mampu berkompromi dengan orang lain yang berupa berani untuk meminta bantuan atas apa yang tidak dapat mereka kerrjakan 4) mampu mengevaluasi diri dari kritik dan saran yang diberikan ketika berorganisasi 5) mampu menaati peraturan yang ada serta berani menerima konsekuensi atas apa yang mereka lakukan 6) percaya diri dan berani menyampaikan pendapat serta bertanggung jawab atas pendapat yang mereka sampaikan. Melalui peningkatan tersebut tentunya terdapat faktor pendukung keterampilan sosial mahasiswa berkebutuhan khusus dalam berorganisasi yang meliputi 1) kehadiran teman di sisi mahasiswa tunanetra dan tunarungu memberikan kesempatan pada para mahasiswa tunanetra dan tunarungu untuk belajar mengenal lingkungan sosial baru serta membangun dan memperkuat kemampuan sosial mereka 2) dukungan penuh dari orangtua 3) lingkungan kampus yang inklusif akan memberikan semangat pada mahasiswa untuk semakin giat beraktivitas dan berinteraksi sosial. Selain itu terdapat juga faktor penghambat peningkatan keterampilan sosial mahasiswa berkebutuhan khusus dalam berorganisasi penerimaan sosial yang kurang baik menghambat peningkatan keterampilan sosial mahasiswa berkebutuhan khusus dalam berorganisasi. Namun keterampilan ini dapat dikembangkan dengan memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dan bekerja sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/350508

Actions (login required)

View Item View Item