Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan metode circ (cooperative integrated reading and composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa disleksia di Sekolah Dasar Inklusi / Sisca Sriyanti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan metode circ (cooperative integrated reading and composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa disleksia di Sekolah Dasar Inklusi / Sisca Sriyanti</p>

Sriyanti, Sisca (2024) Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan metode circ (cooperative integrated reading and composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa disleksia di Sekolah Dasar Inklusi / Sisca Sriyanti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disleksia adalah suatu kondisi yang dialami individu dalam belajar dan lebih spesifiknya adalah kesulitan dalam membaca. Kesulitan membaca yang difokuskan pada penelitian ini adalah membaca pemahaman. Individu dengan disleksia merujuk pada kesulitan membaca yang dimiliki tidak sesuai dengan kemampuan yang seharusnya dimiliki jika merujuk pada usia kronologis dan intelektual yang normal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa disleksia sebelum diberikan intervensi setelah diberikan intervensi berupa pembelajaran berdiferensiasi dengan metode CIRC dan menganalisis terkait pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan metode CIRC terhadap kemampuan membaca siswa disleksia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre eksperimental menggunakan one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebelas siswa disleksia di SDN Tasikmadu 2. Penelitian ini menggunakan analisis data statistik non-parametrik dengan uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa disleksia di SDN Tasikmadu 2 masih tergolong cukup dengan nilai rata-rata pre test sebesar 15 2 dan mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan metode CIRC. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman diketahui berdasarkan hasil post test siswa dengan nilai rata-rata sebesar 25 dan tergolong baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan metode CIRC terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/350507

Actions (login required)

View Item View Item