Doranna, Maulana (2024) Pengembangan multimedia berbasis aplikasi sebagai media pembelajaran bina diri menggosok gigi untuk anak autis di SLB Tamima Mumtaz Pujon Malang / Maulana Doranna</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Autism Spectrum Disorders (ASD) adalah suatu kelainan yang mengakibatkan seseorang mengalami gangguan dalam komunikasi dan interaksi terhadap sosial. Dikarenkan hal tersebut anak autis memiliki kesulitan dalam memiliki kegiatan sehari-hari salah satunya adalah menggosok gigi. Bina diri merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk melatih anak agar dapat mengembangkan kemampuan diri terlebih pada kegiatan sehari-hari. Untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan alat bantu atau media pembelajaran yang dirancang khusus untuk anak autis agar mereka lebih mudah memahami materi mengenai menggosok gigi. Tujuan utama dari penelitian ini ialah 1) menghasilkan produk berupa multimedia berbentuk aplikasi sebagai media pembelajaran bina diri menggosok gigi untuk anak autis di SLB Tamima Mumtaz Pujon Malang. 2) mengembangkan multimedia sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat dan pemahaman anak mengenai menggosok gigi 3) menguji kelayakan produk multimedia berbasis aplikasi sebagai media pembelajaran bina diri menggosok gigi untuk anak autis di SLB Tamima Mumtaz Pujon Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan (Research amp Development) oleh Lee amp Owens yaitu ADDIE. Pengumpulan data validasi media berupa angket diberikan kepada 3 ahli media 6 ahli materi dan 3 praktisi. Teknik pengumpulan data validasi menggunakan angket yang telah berisi pernyataan untuk kemudian diisi oleh para validator untuk mengukur kelayakan media. Data pengujian lapangan menggunakan uji coba skala kecil uji coba dilakukan kepada 3 siswa autis di SLB Tamima Mumtaz. Analisis oleh ahli media ahli materi dan praktisi mengenai multimedia berbasis aplikasi sebagai media pembelajaran bina diri menggosok gigi secara berurut mendapatkan skor penilaian 87 8% 94% dan 91 6%. Hasil uji coba produk multimedia sebagai media pembelajaran bina diri menggosok gigi menggunkan rumus rerata mendapatkan skor akhir penilaian 94 4%. Berdasarkan dari skor yang diperoleh media dan materi pada multimedia berbasis aplikasi sebagai media pembelajaran untuk anak autis di SLB Tamima Mumtaz dinyatakan sangat layak di uji cobakan dalam proses pembelajaran sangat valid sangat berhasil dapat digunakan tanpa perbaikan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/350506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |