Pengaruh manajemen pembelajaran full day school terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi / Tiara Rosalina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh manajemen pembelajaran full day school terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi / Tiara Rosalina

Rosalina, Tiara (2013) Pengaruh manajemen pembelajaran full day school terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi / Tiara Rosalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen pembelajaran full day school motivasi belajar siswa Pendidikan merupakan salah satu upaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di antaranya adalah sekolah dengan sistem pembelajaran full day school . Full day school merupakan sekolah seharian penuh. Pembelajaran terhadapfull day school terhadap motivasi belajar siswa jika siswa mempunyai sikap yang baik terhadap lingkungan maka akan menumbuhkan motivasi untuk belajar dengan jalan menuntut ilmu walaupun dalam kesehariannya hanya berada di tempat yang sama tapi tidak mengurangi siswa untuk belajar dan terus belajar. Suatu kegiatan pembelajaran akan mencapai tujuan jika ditunjang dengan suatu manajemen yang efektif dan mencakup mulai dari kegiatan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang baik. Motivasi belajar siswa akan meningkat dalamfull day school karena pembelajaran yang baik dengan menggunakan format game dalam pembelajarannya karena siswa diharuskan berada di sekolah selama sehari penuh guru juga diharuskan kreatif dalam menciptakan suasana yang menyenangkan untuk mengantisipasi kejenuhan siswa di dalam sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan manajemen pembelajaran full day school di SMP Bustanul Makmur (2) Tingkat motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaranfull day school di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi (3) Pengaruh manajemen pembelajaran full day school terhadap motivasi belajar siswa di SMP Makmur Genteng Banyuwangi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian yang mengungkapkan hubungan antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah sejumlah 241 siswa dengan sampel penelitian 150 siswa ditetapkan dengan teknik stratified proportional random sampling di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi. Data dikumpulkan dengan angket selanjutnya dianalisis dengan teknik korelasi regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Manajemen pembelajaran full day school di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi tergolong sangat baik dengan persentase 58 7% (2) Motivasi belajar siswa di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi tergolong tinggi dengan persentase 68% (3) Berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana diperoleh hasil ada pengaruh yang signifikan antara manajemen pembelajaran full day school dan motivasi belajar siswa SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi yakni rhitung 0 587 rtabel 0 344. Dengan semakin baik guru mengimplementasikan manajemen pembelajaran sistem full day school maka motivasi belajar siswa semakin tinggi. Dari hasil penelitian ini peneliti mengajukan saran yaitu (1) bagi guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item