Pengaruh multimedia interaktif berbasis aplikasi android terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang di SMK Negeri 1 Malang / Lita Fitriya Wahyuning Gusti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh multimedia interaktif berbasis aplikasi android terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang di SMK Negeri 1 Malang / Lita Fitriya Wahyuning Gusti

Gusti, Lita Fitriya Wahyuning (2017) Pengaruh multimedia interaktif berbasis aplikasi android terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang di SMK Negeri 1 Malang / Lita Fitriya Wahyuning Gusti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gusti Lita Fitriya Wahyuning. 2017. Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P. Kata Kunci Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Motivasi Hasil Belajar Rendahnya motivasi belajar tentu akan berpengaruh pada perolehan hasil belajar siswa. Salah satu pendorong motivasi siswa adalah penggunaan media dalam pembelajaran yang dinilai dapat memberikan dampak positif terhadap perolehan hasil belajar yang optimal melalui peningkatan motivasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di beberapa SMK di Kota Malang peneliti menemukan permasalahan dalam proses pembelajaran berupa penggunaan media pembelajaran yang masih sangat umum seperti Power Point dengan tampilan monoton yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dan berimbas pada rendahnya hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan produk yang telah dikembangkan oleh peneliti terdahulu Risandi (2016) yaitu multimedia interaktif berbasis aplikasi android yang bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh multimedia interaktif berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (3) interaksi antara multimedia interaktif berbasis aplikasi android dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI Paket Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang yang berjumlah 123 siswa dengan sampel yang diteliti berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji two way ANOVA berbantuan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara multimedia interaktif berbasis aplikasi android dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang dengan nilai signifikansi 0 029 0 05. Multimedia interaktif berbasis aplikasi android lebih berhasil meningkatkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) siswa lebih mengoptimalkan fasilitas belajar yang mereka miliki untuk kegiatan pembelajaran (2) multimedia interaktif berbasis aplikasi android dapat dijadikan alternatif oleh guru untuk menarik minat siswa dalam belajar (3) sekolah dapat menggunakan multimedia interaktif berbasis aplikasi android sebagai pertimbangan untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana sekolah dan (4) peneliti selanjutnya mengembangkan materi dan sampel yang lebih luas. Gusti Lita Fitriya Wahyuning. 2017. The Effect of Interactive Multimedia-Based Android Application on Student s Motivation and Learning Outcome in Trading Company Accounting Subject at Vocational High School 1 Malang. Sarjana s Thesis Department of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Dr. Suparti M.P. Key words Android-Application-Based Interactive Multimedia Motivation Gain score The lack of learning motivation will certainly affect to the students gain score. One of way to encourage students motivation is by implementing media in a subject considered will give positive impact to students gain score by improving motivation. According to the observation conducted at several vocational high school in Malang the researcher found out that the implementation of instructional media in learning process is not varied and monotone which make low students motivation and lead to the low gain score. The present study employed a product which already developed by previous researcher Risandi (2016) namely android-application-based interactive multimedia which aims at determining (1) the effect of android-application-based interactive multimedia on students gain score (2) the effect of learning motivation on students gain score (3) interaction between android-application-based interactive multimedia and learning motivation on students gain score. The present study is an experiment study with factorial 2x2 design. The population of the study is 123 eleventh grade students of Accounting at SMK Negeri 1 Malang and 60 students is taken as sample. The data is obtained through questionnaires and tests pretest and posttest. The data analysis technique employed is two way ANOVA test with SPSS 21.0 program for Windows. The result of the study indicates that there is interaction between android-application-based interactive multimedia and learning motivation on students gain score in trading company accounting subject with significance level 0 029 0 05. Android-application-based interactive multimedia is successfully improve students gain score with higher motivation than students with lower motivation. It is suggests that (1) students should use the school facility for learning process (2) android-application-based interactive multimedia is able to be an alternative media for teacher in order to attract students learning interest (3) the institution is able to employ android-application-based interactive multimedia as a media to be considered to optimize school facility and (4) the next researcher should develop wider material and sample.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35035

Actions (login required)

View Item View Item