Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel pemoderasi pada siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang / Febby Arista Eka Candra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel pemoderasi pada siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang / Febby Arista Eka Candra

Candra, Febby Arista Eka (2017) Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel pemoderasi pada siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang / Febby Arista Eka Candra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Candra Febby Arista Eka. 2017. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Pemoderasi pada Siswa Kelas X SMK Ardjuna 2 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Kata kunci Efikasi Diri Hasil Belajar Motivasi Belajar. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dari proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah efikasi diri dan motivasi belajar. Siswa yang memiliki efikasi diri dan motivasi yang tinggi akan memiliki hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 78 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah efikasi diri (X) hasil belajar (Y) dan motivasi belajar (Z). Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dan memberikan kontribusi sebesar 24 2%. Motivasi belajar sebagai variabel moderator dapat memperkuat pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pengantar akuntansi dan memberikan kontribusi sebesar 35 1%. Variabel motivasi belajar dapat berfungsi sebagai variabel moderator semu (quasi moderator). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pengantar akuntansi akan meningkat jika dipengaruhi oleh efikasi diri serta diperkuat oleh motivasi belajar. Disarankan bagi siswa agar dapat meningkatkan efikasi diri dan motivasi belajar agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar. Bagi peneliti selanjutnya agar menambah teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara agar informasi yang diperoleh lebil lengkap dan mendalam menambah cakupan populasi yang lebih luas dan menambah variabel independen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35034

Actions (login required)

View Item View Item