Hubungan antara manajemen konflik oleh kapala sekolah dan kinerja guru sekolah dasar negeri se-kecamatan Kepung Kabupaten Kediri / Ema Grafika Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara manajemen konflik oleh kapala sekolah dan kinerja guru sekolah dasar negeri se-kecamatan Kepung Kabupaten Kediri / Ema Grafika Rahayu

Rahayu, Ema Grafika (2013) Hubungan antara manajemen konflik oleh kapala sekolah dan kinerja guru sekolah dasar negeri se-kecamatan Kepung Kabupaten Kediri / Ema Grafika Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen konflik kinerja guru Sebuah organisasi merupakan wadah yang terdiri atas banyak orang berkumpul dan saling berinteraksi. Organisasi juga terbentuk karena adanya kesamaan visi misi dan motivasi yang sama. Setiap individu atau unsur yang terdapat di dalam organisasi tersebut secara langsung maupun tidak langsung harus memegang teguh apa yang menjadi pedoman dan prinsip di dalam organisasi tersebut. Segala usaha dilakukan oleh organisasi untuk mencapai tujuan tersebut dengan menggunakan sumber daya yang tersedia yakni modal skill teknologi dan juga peran sumber daya manusia yang handal. Salah satu faktor penentu keberhasilan organisasi adalah kinerja dan produktivitas karyawan. Para anggota dari suatu organisasi adalah para individu yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda mereka berlatar belakang yang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama. Dalam organisai itulah mereka saling bekerja sama dan berinteraksi satu sama lain. Tidak sedikit dalam proses interaksi tersebut terjadi kesenjangan-kesenjangan maupun perbedaan-perbedaan dalam memandang suatu masalah yang terjadi. Situasi seperti ini bisa menimbulkan konflik. Kesenjangan dan perbedaan tersebut bisa mengganggu aktivitas yang berlangsung di organisasi jika dibiarkan dan berpengaruh pada kinerja bahkan bisa juga berdampak pada pencapian tujuan organisasi. Oleh karena itu diperlukan manajemen konflik agar konflik bisa dikendalikan tidak destruktif dan tidak mengganggu kinerja anggota organisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa tingkat manajemen konflik oleh kepala sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri (2) Seberapa tingkat kinerja guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dan (3)Apakah ada hubungan antara manajemen konflik oleh kepala sekolah dan kinerja guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Tingkat manajemen konflik oleh kepala sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri (2) Tingkat kinerja guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dan (3) Hubungan antara manajemen konflik oleh kepala sekolah dan kinerja guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Variabel penelitian ini adalah manajemen konflik sebagai variabel bebas meliputi sub variabel identifikasi fenomena konflik strategi manajemen konflik gaya manajemen konflik dan peran pemimpin sebagai pengelola konflik. Kinerja guru sebagai variabel terikat meliputi sub variabel tugas pokok guru yang terdiri dari perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran evaluasi pembelajaran dan disiplin tugas. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Jumlah populasinya 36 orang. Penelitian ini adalah penelitian populasi sehingga tidak memerlukan sampel. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai pelaksana manajemen konflik dan penilai kinerja guru. Hasil korelasi Product Momen Pearson Two Tailled dengan menggunakan SPSS 16.0 tentang hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa hipotesis nol (H1) diterima. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan jumlah responden sebanyak 36 diketahui r hitung 0 769 sedangkan r tabel dengan jumlah responden 36 dan tingkat kesalahan 5% (sign 0 05) menunjukkan hasil 0 329. Dengan demikian r hitung lebih besar dari pada r tabel yaitu 0 769 0 329 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu ada hubungan antara manajemen konflik dan kinerja guru. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat implementasi manajemen konflik oleh kepala sekolah di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri berada pada kualifikasi baik (2) Tingkat kinerja guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri berada pada kualifikasi baik dan (3) Ada hubungan yang signifikans antara manajemen konflik oleh kepala sekolah dan kinerja guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Berdasarkan kesimpulan penelitian tersebut beberapa hal yang disarankan bagi Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kepung sebagai pemberi pelatihan bagi para kepala sekolah dalam hal manajemen konflik dan implementasinya di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung agar lebih ditingkatkan Kepala sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kepung berusaha meningkatkan kemampuan dalam hal manajemen konflik di sekolah agar konflik tidak menjadi desktruktif yang dapat mempengaruhi kinerja guru Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian dapat dijadikan sumber informasi yang digunakan sebagai salah satu bahan kajian dalam mengembangkan ilmu manajemen khususnya manajemen konflik dalam perkuliahan maupun di masyarakat Peneliti lain diharapkan dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan penelitian sejenis dengan subtansi yang sama atau penelitian lanjutan dengan mengembangkan variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item