Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di Malang Raya / Evi Rianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di Malang Raya / Evi Rianti

Rianti, Evi (2017) Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di Malang Raya / Evi Rianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rianti Evi. 2017. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di Malang Raya. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Endang Sri Andayani S.E. M.Si.Ak. Kata Kunci Kompetensi Pedagogik Kompetensi Profesional Prestasi Belajar Siswa Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran sehingga guru harus memiliki kompetensi. Kompetensi guru yang berhubungan langsung dalam proses pembelajaran adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Telah dilakukan beberapa penelitian tentang pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa namun terdapat perbedaan hasil penelitian. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan penelitian untuk memperkuat hasil penelitian terdahulu. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori konstruktivistik sosial yang dikemukakan oleh Vygotsky dan teori Classical Conditioning yang dikemukakan oleh Petrovich Pavlov. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar siswa SMK program keahlian akuntansi di Malang Raya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan tergolong penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru produktif akuntansi di Malang Raya sejumlah 123 guru sedangkan sampel yang digunakan sejumlah 31 guru. Metode pengumpulan data menggunakan tes kompetensi untuk mengukur kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akuntansi sedangkan dokumentasi untuk mengambil data prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS versi 22.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan (2) kompetensi profesional guru akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru maka semakin baik pula prestasi belajar yang dicapai siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru akuntansi untuk terus meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalnya. Bagi sekolah hendaknya memfasilitasi dalam peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akuntansi. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menambah variabel penelitian seperti kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. ABSTRACT Rianti Evi. 2017. The Influence of Pedagogic and Professional Competence of Accounting Teachers on Student Achievement of Vocation High School Accounting Skills Programme at Malang. Thesis Accounting Educational Programme Departement of Accounting Faculty of Economic. State University of Malang. Advisor Dr. Endang Sri Andayani S.E. M.Si.Ak. Key words pedagogic competence professional competence student achievement Teacher have a very important role in the learning process so that teacher must have competence. Teacher competencies that directly relate in the learning process are pedagogic competence and professional competence. There have been several studies on the influence of pedagogic competence and professional competence of teachers on student achievement but there are differences of research results. In this regards need a research to reinforce the results of previous research. The grand theory that supports this research is social kontruktivistik by Vygotsky and Behavioristik-Classical Conditioning by Petrovich Pavlov. This study aims to determine the influence of pedagogic competence and professional competence of accounting teachers on student achievement of vocation high school of accounting skills programme at Malang Raya. This research with quantitative approach and classified as explanatory research. Population for this study is all teachers productive accounting at Malang Raya were 123 teachers the sample were 31 teachers. Methods of data collection using competency test to measure pedagogic competence and professional competence of accounting teachers while documentation to retrieve student achievement data. The data analysis used is multiple liniear regression analysis with hypothesis test using t-test with help od SPSS Programme version 22.0 The result of the research shows that (1) pedagogic competence of accounting teacher has a significant positif effect on student achievement and (2) professional competence of accounting teacher has a significant effect on student achievement. It can be concluded that the better pedagogic competence and professional competence of the teacher the better learning achievement achieved by students. Based on the results of research is recommended for accounting teachers to improve pedagogic competence and professional competence. For schools should facilitate in improving pedagogic competence and professional competence of accounting teachers. For the next researcher should add research variabels such as personality competence and social competence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35028

Actions (login required)

View Item View Item