Pengembangan media pop-up book pada materi transaksi keuangan perusahaan dagang kelas XI Akuntansi SMK / Vina Vutiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pop-up book pada materi transaksi keuangan perusahaan dagang kelas XI Akuntansi SMK / Vina Vutiya

Vutiya, Vina (2017) Pengembangan media pop-up book pada materi transaksi keuangan perusahaan dagang kelas XI Akuntansi SMK / Vina Vutiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vutiya Vina. 2017. Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Transaksi Keuangan Perusahaan Dagang Kelas XI Akuntansi SMK. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Cipto W S.E. M.Pd. M.Si. Ak CA. Kata Kunci Media Pembelajaran Media Visual Pop-Up Book. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada saat Kajian Praktik Lapangan (KPL) di SMK PGRI Turen peneliti menemukan bahwa dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan papan tulis tanpa ada alat peraga sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan materi. Media pembelajaran yang menarik belum tersedia untuk proses pembelajaran sehingga menyebabkan siswa bosan dan kurang termotivasi dalam belajar. Media pop-up book merupaka salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa. Gambar tiga dimensi yang terdapat pada pop-up book dapat memberi pengalaman baru kepada siswa. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan media pop-up book pada materi transaksi keuangan perusahaan dagang kelas XI Akuntansi SMK. Penelitian ini menggunakan rancangan Research and Development (R D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi 6 langkah pengembangan antara lain 1) penelitian dan pengumpulan data 2) pengembangan produk 3) validasi produk 4) revisi produk pertama 5) uji coba lapangan 6) produk akhir. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket tertutup. Jenis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli materi ahli media dan pengguna kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif presentase. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator ahli dan pengguna. Produk yang dihasilkan adalah media pop-up book pada materi transaksi keuangan perusahaan dagang kelas XI Akunatnsi SMK. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 97 22% dengan kategori sangat layak ahli media sebesar 93 09% dengan kategori sangat layak dan hasil uji coba lapangan dikatakan sangat layak dengan presentase 87 78%. Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 83 66% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan peneliti sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa. ABSTRACT Vutiya Vina. 2017. Development of Pop-Up Book Media on Financial Transactions Trading Company for Eleventh Grade at SMK. Sarjana s Thesis Departement of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Dr. H. Cipto W S.E. M.Pd. M.Si. Ak CA. Keyword Instructional Media Visual Media Pop-Up Book. According to the results of empirical observations made at the Field Practice Assessment (KPL) at SMK PGRI Turen researcher found that the teacher in the learning process only use a whiteboard without the use of props as a instructional media for conveying the material. Interesting instructional media is not yet available for the learning process causing students bored and less motivated to learn. Pop-up book media is one of media which can be used to increase student s motivation to study. Three-dimentional images contained on the pop-up book can give a new experience to the students. Research and development is carried out with the intention to produce and test the feasibility of the pop-up book media on the matter financial transactions trading company for eleventh grades at SMK. This study design is a Research and Development (R D). The development model used is Borg Gall development model that has been modified with a 6-step development which are 1) research and data collection 2) product development 3) product validation 4) product revision 5) field trials testing 6) the final product. Data collection was performed using a closed questionnaire. The type of data on this research and development using quantitative and qualitative data. Quantitative data obtained from the validation of subject matter expert media expert an users and then analyzed using descriptive analysis of the percentage whereas qualitative data in the form of comments and suggestions from experts validator and user. The resulting product is a pop-up book media on the matter financial transactions trading company for eleventh grades at SMK. Based on the results obtained from the material expert validation of 97 22% with a very decent category media expert of 93 09% with a very decent category and the results of field trials testing is said to be very feasible with a percentage of 97 78%. Student learning outsomes obtained by the average value of 83 09% with a very good category. So it can be concluded that the pop-up book media is well worth the researcher developed is used as a media of learning for students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35020

Actions (login required)

View Item View Item