Evaluasi profesionalitas guru Sekolah Luar Biasa (SLB) pasca sertifikasi se-kota Malang / Revy Krisnanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi profesionalitas guru Sekolah Luar Biasa (SLB) pasca sertifikasi se-kota Malang / Revy Krisnanti

Krisnanti, Revy (2013) Evaluasi profesionalitas guru Sekolah Luar Biasa (SLB) pasca sertifikasi se-kota Malang / Revy Krisnanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci evaluasi profesionalitas sertifikasi. Keberhasilan dari tujuan pendidikan merupakan tanggungjawab seluruh warga Indonesia. Guru memiliki peranan penting sebagai penentu keberhasilan pendidikan. Kenyataan ini mengharuskan guru untuk selalu meningkatkan kemampuan terutama memberikan keteladanan membangun kemauan dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam memperoleh pembelajaran guna meraih keberhasilan dalam pendidikan. Sertifikasi di Indonesia memiliki posisi yang sangat penting sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Harapan dari adanya sertifikasi adalah mampu menjamin kualitas guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sebab kehadiran sertifikasi guru akan mendorong peningkatan kompetensi profesionalitas dan kualitas guru dalam mengemban tugas. Penelitian terdahulu yang terkait dengan kinerja guru lebih banyak menyoroti kinerja guru TK SD SMP dan SMA. Sementara itu untuk guru TKLB SDLB SMPLB dan SMALB belum banyak mendapat sorotan untuk diteliti. Penelitian ini mencoba mengungkap profesionalitas guru SLB di Kota Malang yang juga memiliki peran penting dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengukur tingkat kemampuan profesional guru SLB Se-Kota Malang yang lulus mengikuti program sertifikasi (2) Mengukur tingkat kemampuan profesional guru SLB Se-Kota Malang yang belum lulus program sertifikasi dan (3) Mengetahui perbandingan tingkat kemampuan profesional guru SLB Se-Kota Malang yang telah lulus mengikuti program sertifikasi dengan guru SLB Se-Kota Malang yang belum lulus program sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif kausal (sebab-akibat). Responden dalam penelitian ini adalah guru SLB Se-Kota Malang. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian diperoleh (1) Nilai mean untuk guru SLB Se-Kota Malang yang lulus dalam sertifikasi kemampuan profesionalnya sebesar 92 37507294 (2) Kemampuan profesional guru SLB Se-Kota Malang yang belum lulus sertifikasi sebesar 93 40748920 (3) Selisih nilai mean dari uji ANOVA sebesar -1 03241626. Artinya program sertifikasi tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan profesional guru SLB Se-Kota Malang. Selain itu nilai Fhitung 0 157 dengan P 0 693 945 0 05 sehingga antara guru SLB Se-Kota Malang yang sudah mengikuti program sertifikasi dan guru yang belum mengikuti program sertifikasi terbukti tidak terdapat perbedaan tingkat profesionalitas. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah (1) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya memperketat pengawasan terhadap kinerja i guru yang sudah bersertifikasi serta mengadakan monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan guna memantau peningkatan kualitas pendidikan di Kota Malang (2) Bagi Guru SLB Se-Kota Malang hendaknya terus meningkatkan profesionalitas diri dengan sering menambah wawasan/pengetahuan sering mengikuti pelatihan atau kursus untuk menambah ketrampilan dan bertukar pengalaman dengan teman sejawat (3) Bagi Akademisi Manajemen Pendidikan setiap proses pastilah ada kekuatan kelemahan peluang dan ancaman. Berdasarkan implikasi yang ada para akademisi manajemen pendidikan perlu merumuskan kembali kebijakan-kebijakan yang terkait masalah sertifikasi guru memperketat atau menaikkan kriteria penilaian sertifikasi agar proses sertifikasi benar-benar bisa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia (4) Bagi Peneliti Lain diharapkan dengan adanya penelitian ini bisa menjadi referensi bagi peneliti lain dan bisa mengembangkan penelitian lain dengan tema pengembangan instrumen sertifikasi guru yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item