Effendy, Arif (2013) Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa terhadap prestasi belajar mata p[elajaran akuntansi siswa jurusan IPS SMA Negeri 5 Malang / Arif Effendy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kecerdasan intelektual Kecerdasan emosional Kecerdasan spiritual Prestasi belajar mata pelajaran akuntansi Perkembangan ilmu pendidikan saat ini telah memberikan banyak kontribusi yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan indonesia. Terutama hal-hal yang bertujuan untuk membuat siswa tidak hanya berhasil di sekolah saja namun juga mendidik siswa agar menjadi orang yang berhasil ketika mereka bekerja. Salah satu kontribusi ilmu tentang pendidikan itu antara lain teori tentang kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Ketiga kecerdasan tersebut secara bersama-sama mampu meningkatkan prestasi seorang siswa baik ketika siswa tersebut di sekolah maupun ketika siswa tersebut telah terjun ke masyarakat maupun dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk menguji hubungan antar variabel. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Malang dengan populasi seluruh siswa ilmu sosial SMAN 5 Malang dengan jumlah siswa 187 siswa dan sampel yang digunakan adalah seluruh kelas XI dengan asumsi bahwa tingkatan awal siswa dalam mengenal pelajaran akuntansi adalah sama dengan nol. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan inteletual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa ilmu sosial SMAN 5 Malang. Secara parsial dapat diketahui dari uji t bahwa secara berurutan mulai dari kecerdasan intelektual kecerdsan emosional dan kecerdasan spiritual memiliki nilai Thitung Ttabel (2.486 1.986) Thitung Ttabel (5 099 1 986) dan Thitung Ttabel (2 300 1 986). Sedangkan secara simultan dapat diketahui dari nilai nilai Fhitung Ftabel (20 027 2.71). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa ketiga variabel baik secara simultan maupun parsial ternyata berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Saran Bagi sekolah diharapkan agar memperhatikan fasilitas-fasilitas pendukung seperti ruang labolatorium ruang perpustakaan buku-buku perpustakaan dan sarana-sarana lain dalam proses belajar-mengajar disekolah. Sedangkan bagi guru khususnya pada pelajaran akuntansi diharapkan agar tetap memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Bimbingan-bimbingan baik akademis maupun psikologis siswa sangat membantu dalam proses siswa mencapai prestasi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melihat faktor EQ dan SQ diharapkan agar meneliti hasil-hasil lain selain dari segi kognitif siswa karena penilaian EQ dan juga SQ tidak cukup jika dibandingkan hanya dengan nilai dari segi kognitif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35010 |
Actions (login required)
View Item |